Sahur dan Buka di Rumah Aja

Cara Membuat Susu Kurma yang Legit Kaya Nutrisi

Odilia WS - detikFood Senin, 27 Apr 2020 10:30 WIB
Cara Membuat Susu Kurma Foto: iStock
Jakarta -

Salah satu minuman yang berkhasiat dikonsumsi saat berbuka adalah susu kurma. Rasanya cramy gurih dengan legit alami kurma. Enak diminum panas atau dingin.

Susu kurma merupakan racikan minuman yang terbuat dari susu sapi dan kurma segar yang dihaluskan. Rasanya yang legit dengan aroma kurma yang khas membuat minuman ini populer dinikmati baik saat berbuka maupun sahur.

Susu merupakan bahan makanan kaya nutrisi. Memberi asupan lemak, protein dan sejumlah vitamin serta mineral yang dibutuhkan tubuh. Karena nutrisinya sangat lengkap maka susu dianjurkan untuk dikonsumsi rutin oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Setiap 1 gelas susu fullcream (245 gram), mengandung 125 kalori, lemak 4.7 gram, kolesterol 20 mg, sodium 127 mg, potassium 397 mg dan karbohidrat 12 gram. Selain itu juga mengandung vitamin A, C, klasium dan zat besi.

Sedangkan kurma mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A dan B6, asam folat, kalium, natrium alami, zat besi, hingga magnesium. Dalam satu butir kurma Medjool dengan berat 24 gram, terkandung 66 kalori, karbohidrat 18 gram dengan serat 2 gram dan gula 16 gram.

Dengan begitu banyak kandungan nutrisi perpaduan kedua bahan ini dalam Susu Kurma tentu memberi manfaat sehat untuk tubuh. Bisa memberikan asupan nutrisi segera setelah seharian berpuasa. Hanya saja Susu Kurma selain enak juga mengenyangkan. Karenanya paling pas dikonsumsi saat sahur.



Untuk meracik Susu Kurma ikuti saja cara membuatnya berikut ini.

1. Susu Kurma

Bahan yang diperlukan untuk 2 gelas Susu Kurma:
500 ml susu UHT
6 buah kurma medjool atau 8 buah kurma ukuran kecil
es batu, jika suka

Untuk kurma sebaiknya pilih kurma segar yang rasanya legit. Jika memakai kurma berukuran kecil jumlah kurma bisa ditambah.

Cara membuatnya mudah. Buang biji kurma, masukkan ke dalam mangkuk blender. Tambahkan susu dan es batu jika suka. Proses hingga benar-benar halus.

Tuang ke dalam gelas-gelas saji. Sajikan segera. Jika suka rasa manis yang kuat bisa ditambahkan madu secukupnya. Jika tak ingin menambahkan es. Susu bisa disimpan dalam kulkas sebelum diracik untuk Susu Kurma.

Cara Membuat Susu KurmaCara Membuat Susu Kurma Foto: iStock



2. Variasi Susu Kurma

Jika ingin tekstur susu kurma yang lebih kental, sekaligus menjadi menu sahur yang lengkap,bisa ditambahkan 1 buah pisang Ambon yang masak.

Kupas pisang, pootng-potong lalu blender pisang bersama susu dan kurma hingga halus benar. Campuran smoothies ini enak dinikmati dingin dan mengenyangkan sebagai menu sahur praktis.

Bisa juga sebagian susu (250 ml) diganti dengan yogurt tawar. Proses susu, yoghurt dan kurma dalam blender hingga lembut dan kental. Jika kurang manis bisa ditambahkan sedikit madu. Nikmati segera setelah dibuat.

Cara Membuat Susu KurmaCara Membuat Susu Kurma Foto: iStock



3. Topping

Untuk menambah rasa dan aroma Susu Kurma, bisa ditambahkan taburan sedikit kayu manis bubuk atau jahe bubuk. Rempah ini juga memberi khasiat untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Jika ingin sensasi berbeda, taburi dengan kelapa sangrai kering. Atau serutan halus kulit jeruk Navel atau jeruk lemon. Aroma segar jeruk akan membuat minuman ini semakin nikmat diteguk.



Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com