Kopi Susu Milenial

Resep Es Kopi Susu Kekinian, Modal Minimalis dan Tanpa Alat Kopi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 06 Sep 2020 11:00 WIB
Resep Es Kopi Susu Kekinian Foto: YouTube dr. Ray Leonard Judijanto
FOKUS BERITA Kopi Susu Milenial
Jakarta -

Resep es kopi susu kekinian ini dibagikan dr. Ray Leonard Judijanto melalui YouTube-nya. Bahannya mudah didapat, murah, dan tentu saja gampang dibuat.

Pria yang akrab disapa Leo ini adalah seorang dokter sekaligus pencinta kopi. Tak heran, ia sering mengunggah video seputar kopi mulai dari alat seduhnya, grinder, sampai pengalaman mencicipi beragam jenis kopi Indonesia.

Selain itu, Leo juga membagikan resep es kopi susu kekinian yang gampang dan praktis. Videonya telah disaksikan lebih dari 1,8 juta kali saat berita ini dibuat. Ia menjanjikan resep ini bisa dicontek siapapun karena tak menggunakan bahan atau alat yang susah.

Resep Es Kopi Susu KekinianResep Es Kopi Susu Kekinian Foto: YouTube dr. Ray Leonard Judijanto

"Kali ini saya akan buat resep es kopi susu tanpa alat apapun, tapi satu hal yang menurut saya paling penting dari resep ini adalah proporsinya. Jadi kita perlu timbangan. Nggak meski timbangan kopi, bisa juga pakai timbangan kue," kata Leo di awal.

Baca Juga: Netizen Ramai Bagikan Resep Es Kopi Susu Kekinian yang Murah Meriah

Ia menggunakan kopi hitam bubuk, susu pasteurisasi/UHT, gula aren, dan es batu sebagai bahan utamanya. Pertama, Leo mencairkan gula aren. Ia menggunakan proporsi 1:1 dengan ukuran 50 gram gula aren dan 50 ml air. "Tumbuk dulu supaya gula aren gampang mencair nanti," beber Leo.

Resep Es Kopi Susu KekinianResep Es Kopi Susu Kekinian Foto: YouTube dr. Ray Leonard Judijanto

Selanjutnya, larutan gula aren ini tinggal dipanaskan bersama air dan diaduk. "Kenapa kita sambil mengaduk? Karena kita nggak mau gula aren ini nanti gosong." tuturnya. Setelah itu gula aren disisihkan.

Kedua, ia menyiapkan larutan kopi. Leo menggunakan 15 gram kopi bubuk merek Kapal Api yang dipanaskan bersama 100 ml air. "Dengan begitu, kita akan mendapatkan 30-40 ml ekstrak kopi," jelasnya. Panaskan kopi sampai muncul busa di seluruh permukaannya, setelah itu angkat dan sisihkan.

Resep Es Kopi Susu KekinianResep Es Kopi Susu Kekinian Foto: YouTube dr. Ray Leonard Judijanto

Leo menyarankan untuk membuang bagian kopi yang berwarna cokelat muda yang mengapung di permukaan. Leo berujar, "Karena ini bukanlah yang kita inginkan. Banyak yang bilang ini krema, tapi ini bukan. Ini sebenarnya bubuk-bubuk halus yang tidak tenggelam dan kita tidak menginginkan itu di es kopi kekinian kita."

Selanjutnya es kopi susu kekinian tinggal diracik. Pertama, tuang 30 gram gula aren ke dalam gelas saji. Disusul dengan es batu 100 gram dan susu 100 gram. Lalu di gelas berbeda, tuang ekstrak kopi 30 gram.

Resep Es Kopi Susu KekinianResep Es Kopi Susu Kekinian Foto: YouTube dr. Ray Leonard Judijanto

Terakhir, tuangkan ekstrak kopi pelan-pelan ke dalam gelas. Es kopi susu kekinian pun tinggal dinikmati. "Dengan alat yang ada di dapur, kecuali timbangan, ini udah jadi" katanya.

Tampilannya tak jauh berbeda dengan es kopi susu kekinian yang ada di kafe. Terdapat gradasi warna yang cantik. Lalu untuk menikmatinya, tinggal diaduk sampai rata. "Rasanya nggak kalah dengan es kopi susu di kafe," tutup Leo.

Baca Juga: Chrissy Teigen Bagikan Resep Es Kopi Susu Thailand, Contek Yuk!



Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Kopi Susu Milenial