Cara Membuat Nasi Tumpeng 17 Agustus Plus Lauk-pauknya

Odilia WS - detikFood Minggu, 16 Agu 2020 10:00 WIB
nasi tumpeng Foto: istimewa

5. Telur pindang

Telur melambangkan kehidupan baru. Selain itu telur juga merupakan bahan makanan yang mudah dan murah serta enak rasanya. Telur pindang yang masih berkulit mewakili kebulatan tekad atau kemantapan kehendak.

Selain telur pindang dipakai juga telur rebus atau telur dadar yang diiris kasar. Dinikmati sebagai taburan. Beberapa orang juga memakai telur puyuh rebus yang diolah menjadi sambal goreng.

Nasi Tumpeng 17 Agustus Plus Lauk-pauknyaNasi Tumpeng 17 Agustus Plus Lauk-pauknya Foto: iStock

6. Sambal goreng kentang hati

Kentang merupakan hasil bumi yang didapat dari dalam tanah. Umumnya diolah menjadi sambal goreng hati dengan rasa pedas gurih. Atau hati dan ampela ayam diolah dengan bumbu cabe yang pedas. Sementara kentangnya diolah menjadi perkedel.

Meskipun dalam nasi tumpeng tradisional, tidak dikenal sambal goreng kentang dan hati atau perkedel kentang. Tetapi dalam tatanan tumpeng baru dipakai sebagai lauk penyeimbang rasa pedas gurih. Resep Sambal Goreng Kentang Ati bisa dilihat di sini!

7. Orek tempe

Tempe merupakan makanan populer di Jawa yang terbuat dari fermentasi kedelai. Tempe biasanya disajikan dalam nasi tumpeng berupa tempe bacem bersama tahu. Tetapi ada juga yang menghadirkan dalam bentuk orek tempe basah atau kering tempe.

Rasa renyah gurih tempe cocok dipadukan dengan nasi kuning yang pulen gurih. Orek tempa basah dipakaukan dengan cabe hijau dan merah. Sementara kering tempe, tempe dipotong lebih kecil dan digoreng kering. Kemudian diaduk dengan bumbu gula, bawang dan cabe merah. Resep Orek Tempe Cabe Hijau bisa dilihat di sini!

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Bikin Laper: Unboxing Bakso Tumpeng di Kemang"
[Gambas:Video 20detik]

(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com