Jajanan Ndeso Ngangeni

5 Varian Klepon Berwarna-warni Terbuat dari Ubi Ungu dan Buah Naga

Riska Fitria - detikFood Jumat, 07 Agu 2020 19:00 WIB
Varian klepon Foto: iStock
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni

2. Klepon Labu Kuning

Varian kleponVarian klepon Foto: Instagram @Jennynovembrja

Ada juga varian klepon yang berwarna lucu, yaitu klepon labu kuning. Sesuai namanya, varian jajanan pasar ini menggunakan campuran labu kuning pada adonannya. Meskipun jarang terdengar, tetapi varian klepon labu kuning rasanya tak kalah enak.

Tak hanya enak, mencampurkan labu kuning ke dalam adonan juga dapat membuat klepon lebih sehat lagi. Sama seperti klepon ubi ungu, labu kuning yang akan digunakan harus dikukus terlebih dahulu. Setelah itu baru dicampur dengan bahan-bahan utama pembuatan klepon.

Untuk isiannya, kamu bisa tetap menggunakan gula merah atau menggantinya dengan gula batu. Setelah itu bungkus isian tersebut dengan membentuk bulat-bulat. Rebus hingga matang, taburi parutan kelapa seperti biasanya dan klepon labu kuning siap disantap.

3. Klepon Buah Naga

Varian kleponVarian klepon Foto: Instagram @Dianingpribadi

Varian klepon buah naga membuat sajian klepon ini sayang untuk dimakan. Pasalnya klepon tersebut berwarna pink keunguan dan terlihat menggemaskan. Untuk membuat varian ini, jenis buah naga yang dibutuhkan adalah yang daging buahnya berwarna merah.

Kemudian, buah naga tersebut diblender hingga halus. Setelah itu baru bisa dicampur ke dalam adonan yang berisi tepung ketan, tepung beras dan air. Aduk semua bahan hingga menjadi adonan.

Agar rasanya jadi manis legit, tambahkan gula merah sebagai isian. Lakukan langkahnya sama dengan membentuk adonan menjadi bulat untuk kemudian direbus hingga matang. Setelah itu baru disajikan dengan menaburinya parutan kelapa.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ketika Klepon Disulap Jadi Cake yang Cantik"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com