5 Kesalahan Saat Menggoreng Ini Bikin Makanan Tak Renyah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 23 Jul 2020 14:30 WIB
5 Kesalahan Saat Menggoreng Ini Bikin Makanan Tak Renyah Foto: Getty Images/iStockphoto/Juanmonino
Jakarta -

Kesalahan saat menggoreng ini masih sering dilakukan. Seperti penggunaan suhu minyak yang tidak tepat sehingga makanan jadi kurang matang atau tidak renyah.

Orang Indonesia tak bisa lepas dari gorengan. Hal ini karena segala makanan yang digoreng jadi terasa lebih enak dan gurih. Mulai dari camilan seperti bakwan dan pisang goreng, sampai lauk utama berupa ayam atau ikan goreng.

Sekilas pekerjaan menggoreng terlihat mudah karena tinggal memasukkan bahan makanan atau adonan ke dalam minyak panas. Namun hasilnya bisa saja tak sempurna seperti bagian dalam makanan belum matang atau justru terlalu lembek, berminyak, dan tak renyah.

Belum lagi kesalahan saat menggoreng yang memunculkan cipratan minyak. 'Tragedi' ini sering terjadi saat menggoreng pempek atau otak-otak, misalnya. Cipratan minyak panas tentu membahayakan kulit tangan hingga wajah.

Nah, supaya hasil gorengan sempurna dan tidak mengeluarkan cipratan minyak yang berlebih, kesalahan saat menggoreng ini harus dihindari. Basically (23/7) merangkum informasinya seperti berikut:

1. Memakai jumlah minyak yang tidak tepat

5 Kesalahan Saat Menggoreng Ini Bikin Makanan Tak Renyah5 Kesalahan Saat Menggoreng Ini Bikin Makanan Tak Renyah Foto: Getty Images/iStockphoto/Juanmonino


Saat menggoreng, sering kali kita takut dengan cipratan minyak yang akan muncul. Dalam kasus terparah bahkan bisa mengenai kulit atau menyebar ke area dapur lainnya. Ini dipicu penggunaan wajan dan jumlah minyak yang kurang tepat.

Usahakan pakai cukup minyak, sekitar 2/3 tinggi wajan, sehingga seluruh sisi makanan bisa terendam. Lalu pilih wajan yang berat dengan sisian yang tinggi agar suhu panasnya lebih merata.

Pastikan juga tak ada sisa air pada wajan karena biasanya cipratan minyak dipicu kandungan air. Selain itu, hindari terlalu sering membolak-balik makanan karena berpotensi membuat minyak meletup.

Baca Juga: Tak Asal Direndam Minyak, Ini 9 Tips Penting Menggoreng Makanan

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Sushi Kaki Lima Murah Meriah di Meruya"
[Gambas:Video 20detik]


Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com