ADVERTISEMENT

Tiwul hingga Gatot, 5 Makanan Tradisional Pengganti Nasi yang Bikin Kenyang

Yenny Mustika Sari - detikFood
Kamis, 18 Jun 2020 08:00 WIB
horok-horok camilan khas Jepara
Foto: Wikha Setiawan/detikcom

2. Nasi Jagung

Nenek Suriyah, Nabung Puluhan Tahun dan Nyicil Biaya Haji Hasil Jualan Nasi JagungNenek Suriyah, Nabung Puluhan Tahun dan Nyicil Biaya Haji Hasil Jualan Nasi Jagung Foto: Muhajir Arifin

Namanya saja sudah mengandung unsur nasi, makanan tradisional yang kerap ditemui dari tanah Jawa ini memang bentuknya mirip nasi. Terbuat dari jagung yang dihaluskan lalu diolah dengan cara dikukus. Seperti nasi putih pada umumnya, nasi jagung juga bisa mengenyangkan saat disantap.

Untuk menikmatinya, nasi berwarna kuning terang ini harus disantap bersama beragam lauk. Seperti tumisan sayur, lauk yang digoreng, dan sambal agar rasanya tak terlalu hambar. Menyantap nasi jagung dengan beragam lauk pauk ini banyak ditemui di pedesaan Jawa dan Madura.

Dalam membuat nasi jagung kini tak perlu lagi repot. Karena sudah banyak yang menawarkan nasi jagung dalam kemasan instan di pasaran. Nasi jagung tersebut tinggal dikukus lalu disantap. Jumlah kalorinya sudah terbukti lebih rendah dari nasi putih biasa. Yaitu hanya sebanyak 140 kalori per 100 gram dibandingkan nasi putih sebanyak 175 kalori per 100 gramnya.

Baca Juga: Nasi Jagung, Nasi Merah dan Thiwul, Mana yang Paling Rendah Kalori?

3. Gatot

jajanan ndesojajanan ndeso Foto: detikFood

Bukan nama orang ataupun jalanan, gatot merupakan makanan tradisional yang umum ditemui di tanah Jawa. Seperti tiwul, gatot juga terbuat dari singkong. Bukan singkong segar melainkan dari singkong yang gagal tumbuh.

Konon nama gatot juga berasal dari singkatan 'Gagal Total' karena singkong yang gagal tumbuh tersebut. Makanan satu ini juga banyak ditemui di Gunung Kidul sama seperti tiwul. Bisa tercipta gatot karena tanah di Gunung Kidul terkenal tandus dan kering hingga banyak singkong yang gagal panen.

Gatot biasanya diolah dengan cara dikukus, rupanya terlihat tak menarik karena cokelat kehitaman. Namun soal rasa tak kalah enak dari singkong rebus, teksturnya juga sangat kenyal. Biasanya ditaburi dengan kelapa saat menikmatinnya. Gatot juga sangat mengenyangkan tak heran bisa dijadikan sebagai pengganti nasi.

Baca Juga: Gatot, Meskipun Gagal Total Tapi Rasanya Kenyal-kenyal Manis Enak



Simak Video "Bayar Rp 150 Ribu Bisa Makan Seafood Sepuasnya di Tepian Rasa! "
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT