Bukan Bangga, Justru Banyak Chef Kembalikan Gelar Bintang Michelin

Devi Setya - detikFood
Rabu, 15 Jan 2020 13:30 WIB
Bukan Bangga, Justru Banyak Chef Kembalikan Gelar Bintang Michelin
Foto: istimewa


2. Chef yang mengembalikan bintang Michelin

Bintang Michelin di kalangan chef seolah sudah mulai kehilangan kilaunya. Sejak 2017, satu per satu chef justru mengembalikan bintang Michelin dan ogah mendapat embel-embel sebagai chef terbaik versi Michelin.

Tercatat pada 2017 lalu, Chef Sebastien Bras yang asli Perancis meminta untuk dikeluarkan dari daftar chef penerima gelar bintang Michelin. Ia mengaku tidak bisa bekerja secara bebas karena gelar bintang Michelinnya. Ia juga merasa ada banyak masalah yang menghampiri setelah dirinya dinobatkan meraih bintang ini.

Kemudian pada Desember 2019, Chef Magnus Nilsson dari Swedia mengaku menutup restorannya justru setelah mendapat gelar bintang Michelin. Pemilik restoran Faviken ini merasa kelelahan dan ingin berhenti karena tak memiliki waktu untuk keluarga.

Jauh sebelum itu, pada tahun 1994, Marco Pierre White yang berusia 32 tahun menjadi koki termuda yang meraih tiga bintang di restorannya. Pada 1999, dia meninggalkan bintang ini dan memutuskan untuk berhenti dari restoran karena merasa terbebani.