Liao Fan Hawker Chan Kaki Lima Berbintang Michelin Paling Murah di Dunia

Devi Setya - detikFood Jumat, 28 Jun 2019 14:45 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Bintang Michelin juga diberikan pada makanan kaki lima. Seperti yang makanan kaki lima di Singapura yang menjual makanan enak termurah di dunia.

Dilansir dari Zoo Kitchen (28/6) restoran dengan kualitas andalan ini hadir dengan makanan yang bisa dicicipi siapapun. Restoran Liao Fan Hawkeer Chan ini ada di Singapura, negara yang justru terkenal dengan biaya hidup yang super mahal.

Meski sudah mendapat predikat Michelin Star tapi tempat makan ini masih mempertahankan konsep jajanan murah namun tak mengesampingkan kuaitas rasa makanan. Liao Fan Hawker Chan bahkan dicap sebagai restoran berbintang Michelin dengan harga makanan termurah.
Liao Fan Hawker Chan Kaki Lima Berbintang Michelin Paling Murah di DuniaFoto: istimewa

Baca juga : Pria Ini Ingin Gerai Waralaba KFC Miliknya Diberi Michelin Star

Tempat makan ini berlokasi di kawasan Chinatown Singapura. Pemiliknya adalah Chef Chan Hon Meng, seorang anak petani yang tinggal di Malaysia.

Chef Chan menemukan bakat memasaknya sejak usia 15 tahun saat ia harus merantau ke Singapura demi mencari uang. Ia bekerja selama 7 tahun di sebuah restoran hingga akhirnya pada 2009 Chef Chan membuka rumah makan Chicken Rice dan Mie di kawasan Chinatown, Singapura.

Lambat laun usaha jajanan pinggir jalan ini berkembang sehingga ia bisa memulai bisnis baru yang kini justru menjadikannya terkenal. Dirilis lewat website pribadinya, Juli 2016 Chef Chan mendapatkan penghargaan Michelin Star untuk kategori jajanan kaki lima.

Ia tak pernah menyangka kalau racikan kecap asinnya yang sederhana ternyata mampu membuat tempat makannya terkenal. Liao Fan Hawker Chan mendapat predikat "The World First Hawker Michelin-starred Meal" yakni penghargaan untuk penjaja makanan pinggir jalan terbaik.
Liao Fan Hawker Chan Kaki Lima Berbintang Michelin Paling Murah di DuniaFoto: istimewa

Tak hanya itu, untuk tempat makan yang sama bahkan Chef Chan juga mendapat penghargaan "The Cheapest Michelin-starred Meal In The World" karena menjual makanan dengan harga termurah di dunia.

Meskipun sudah menyabet dua predikat sekaligus, Chef Chan tak lantas berpuas diri. Ia tetap mendedikasikan dirinya untuk membuat makanan enak yang kini diakui secara internasional.

Untuk mendapatkan gelar Michelin Star, tempat makan harus melewati beberapa penilaian ketat. Demikian juga dengan tempat makan kelas pinggir jalan. Tak hanya enak, hidangan yang disajikan juga harus berkualitas dan dibuat autentik.

Ada banyak pilihan makanan yang tersaji di restoran ini mulai dari Soya Sauce Chicken Rice, Soya Chicken Rice, Char Siew Rice hingga noodle dengan irisan daging ayam dan babi panggang.
Liao Fan Hawker Chan Kaki Lima Berbintang Michelin Paling Murah di DuniaFoto: istimewa

Untuk harganya sendiri, setiap makanan dibanderol mulai dari Rp 28 ribu hingga Rp 170 ribu. Tak perlu khawatir dengan lokasi makannya. Sejak 2016, tempat makan ini sudah direnovasi sehingga bisa jadi pilihan tempat makan nyaman dan murah meriah.

Saking populernya, restoran ini sekarang ada di banyak tempat. Di Singapura sendiri terdapat 3 cabang. Dan cabangnya juga sudah buka di beberapa negara seperti Taiwan, Malaysia, Filipina, Thailand hingga Australia.

Baca juga : Ini Dia 7 Restoran Berbintang Michelin yang Punya Menu Termurah

Simak Video "Tokyo Jadi Kota dengan Restoran Peraih Bintang Michelin Terbanyak di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)