Soto Jawa Lezat

5 Resep Soto Populer Jawa, dari Soto Kudus hingga Lamongan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 30 Nov 2019 08:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Soto Jawa Lezat
Jakarta - Soto termasuk hidangan tradisional yang mudah dibuat. Kalau mau bikin soto Kudus hingga soto Lamongan, contek saja 5 resep soto detikFood.

Penggemar soto bisa menikmati soto buatan sendiri dengan mengikuti resep ini. Membuatnya dijamin mudah dan bisa jadi alternatif sehat ketimbang terus menerus jajan soto di luar. detikFood punya 5 resep soto Jawa lezat yang mudah dipraktekkan di rumah.

1. Soto mie

5 Resep Soto Populer Jawa, dari Soto Kudus hingga LamonganFoto: dok. detikFood

Bogor terkenal dengan racikan soto kuning berisi daging dan jeroan sapi. Selain itu, Bogor juga punya soto enak berkuah bening yaitu soto mie.

Isian soto ini lumayan padat. Diantaranya ada mie kuning, risol bihun, irisan tomat, dan kol, serta daging sapi. Kalau mau coba membuatnya, ikuti resep ini.

2. Soto Bandung

5 Resep Soto Populer Jawa, dari Soto Kudus hingga LamonganFoto: dok. detikFood

Melipir ke Bandung, wajib coba soto Bandung yang tak kalah gurih menyegarkan. Soto ini diracik dari daun salam, lengkuas, bawang putih, dan merica bubuk sebagai bumbunya.

Untuk isian, soto Bandung memakai tetelan sapi, kedelai goreng, dan tentu saja lobak rebus. Bahan dan cara membuat soto Bandung bisa diintip di sini.

3. Tauto

5 Resep Soto Populer Jawa, dari Soto Kudus hingga LamonganFoto: Robby Bernardi/dok. detikFood

Kota Pekalongan di Jawa Tengah punya racikan soto khas bernama tauto. Kuahnya agak kental dengan rasa yang khas karena ditambahkan tauco. Soto ini diberi isian tetelan sapi, suun kering, tauge, hingga perkedel kentang.

Untuk membuat bumbunya diperlukan bawang merah, bawang putih, cabai merah, tauco manis, sampai biji pala. Sedangkan langkah membuatnya tercantum di resep ini.

4. Soto Kudus

5 Resep Soto Populer Jawa, dari Soto Kudus hingga LamonganFoto: iStock

Masih dari Jawa Tengah, ada soto Kudus yang tersohor kenikmatannya. Disajikan di mangkuk kecil, seporsi soto ini ampuh untuk hangatkan perut.

Soto Kudus berisi suwiran ayam, tauge, bawang putih goreng, dan daun bawang. Makin enak ditambahkan pelengkap seperti perkedel kentang, sate paru, telur pindang, dan sate kerang. Resep soto Kudus ada di sini.

5. Soto Lamongan

5 Resep Soto Populer Jawa, dari Soto Kudus hingga LamonganFoto: dok. detikFood

Terakhir ada soto khas Jawa Timur yang juga punya banyak penggemar. Namanya soto Lamongan dengan kuah gurih kental karena ditambahkan koya.

Untuk membuat soto Lamongan diperlukan beberapa bumbu seperti serai, daun salam, dan daun jeruk. Isiannya ada suun rebus, tauge, kol, telur rebus, dan tentu saja suwiran ayam. Yuk, bikin soto Lamongan dengan melihat resep ini.


Simak Video "Bikin Harimu Lebih Semangat dengan Nasi Daun Jeruk Fiesta Karage!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Soto Jawa Lezat