Siapa Mau Cicip? Dingin Segar Es Krim Ini Terbuat dari Lalat Hitam

Riska Fitria - detikFood Jumat, 26 Jul 2019 15:03 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Banyak orang menyukai es krim karena rasanya manis terbuat dari produk susu. Kini ada es krim terbuat dari serangga, mau?

Siapa yang tak suka es krim? Makanan beku yang terbuat dari produk susu yang digabungkan dengan perasa atau pemanis ini menjadi favorit banyak orang. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa sekalipun.

Baru-baru ini ada kabar yang cukup mengagetkan pecinta es krim. Pasalnya, perusahaan es krim di Afrika Selatan akan meluncurkan es krim yang terbuat dari serangga.
Siapa Mau Cicip? Dingin Segar Es Krim Ini Terbuat dari Lalat HitamFoto: iStock

Kabarnya, perusahaan es krim bernama Gourmet Grubb akan memadukan produk susu dengan larva serangga tropis, seperti lalat tentara hitam dalam proses pembuatan es krim. Lalat tentara hitam tersebut dipercaya mengandung entomilk, atau susu alternatif.

Penggunaan serangga sebagai bahan makanan ternyata sudah diprediksi oleh The UN. Bahkan bukan tidak mungkin untuk menjadikan serangga sebagai makanan global di tahun 2025 mendatang, lapor CNN (25/7)

Serangga dinilai sebagai sumber protein alternatif yang baik untuk tubuh. Hal tersebut juga sudah mulai dikampanyekan ke seluruh lapisan dunia.
Siapa Mau Cicip? Dingin Segar Es Krim Ini Terbuat dari Lalat HitamFoto: iStock

Baca Juga : Tawon hingga Capung, Ini 10 Serangga yang Aman Dikonsumsi

"Kami mulai mengubah cara serangga dilihat, diproduksi, dan digunakan dalam industri makanan," kata Leah Bessa, salah satu pendiri Gourmet Grubb pada 2017.

Lebih lanjut Leah Bessa juga menjelaskan bahwa terdapat lebih dari 1.900 spesies serangga yang diperkirakan akan dikonsumsi oleh manusia di seluruh dunia.

Penggunaan serangga pada produk es krimnya ini dirasa bisa memberikan nutrisi protein lima kali lebih tinggi dibandingkan susu. Pernyataan tersebut juga disetujui oleh The UN Afrika.
Siapa Mau Cicip? Dingin Segar Es Krim Ini Terbuat dari Lalat HitamFoto: iStock

Selain protein, serangga juga memiliki kandungan mineral dan lemak yang tinggi. Bahkan pada serangga jenis lalat tentara hitam memiliki kandungan protein dan lemak yang sebanding dengan daging sapi. Kandungan entomilk di dalamnya juga bebas dari laktosa, gluten, karbohidrat dan gula seperi susu pada susu sapi.

Menurut Leah Bessa penggunaan entomilk pada lala tentara hitam lebih hemat dalam penggunaan air dan energi dibandingkan susu ketika diproduksi.
Siapa Mau Cicip? Dingin Segar Es Krim Ini Terbuat dari Lalat HitamFoto: Wikimedia Common/Alan R Walker

"Serangga membutuhkan sangat sedikit air, makanan, dan ruang untuk tumbuh," jelas Bessa.

Serangga juga mudah diternakkan di dalam ruangan di lingkungan yang kecil dan terkendali. Selain itu juga bisa dipelihara di daerah perkotaan, sehingga mengurangi dampak pengangkutan susu dari desa ke kota. Hal ini juga berpotensi pengurangan limbah pada petani. Misalnya seperti sisa gandum yang biasa dibuang bisa jadi pakan serangga.

Baca Juga : Hii Ngeri! Ratu Serangga Ini Santap 8 Jenis Serangga Sekaligus

Simak Video "Suka Makan Es Krim Tapi Takut Gemuk? Coba Icip Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)