Donat Kampung hingga Artisan

Kreasi Baru, 5 Donat Unik dengan Rasa Gurih

Riska Fitria - detikFood Selasa, 16 Jul 2019 14:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Selain manis, donat juga dibuat dengan kreasi rasa asin gurih. Dari donat mie instan, donat sushi hingga donat spaghetti.

Donat dikenal sebagai camilan empuk dengan rasa manis. Bentuknya bulat dengan lubang di tengahnya. Kini, donat tidak hanya tersedia dengan rasa manis saja. Ada juga donat gurih yang dibuat dari berbagai bahan makanan. Kepopulerannya tak kalah dengan donat manis.

1. Sushi Donat
Kreasi Baru, 5 Donat Unik dengan Rasa GurihFoto: Instagram

Sushi biasanya dibuat dari nasi sekepal kecil atau digulung dengan berbagai topping. Kini sushi juga dibuat menyerupai donat dengan lingkaran bolong di tengahnya. Isiannya masih sama, yaitu berupa nasi sushi dengan irisan ikan, alpukat atau mentimun. Rasanya masih sama seperti sushi pada umumnya.

Meski tak diketahui pasti awal mula dibuatnya sushi sushi ini, tetapi sushi donat sempat viral di berbagai media sosial, karena dinilai unik dan menarik perhatian. Kemudian banyak restoran yang menyajikan menu ini.

Baca Juga : Setelah Sushi Burger, Kini Ada Sushi Donat yang Tak Kalah Unik

2. Donat Mie
Kreasi Baru, 5 Donat Unik dengan Rasa GurihFoto: Istimewa

Mie instan, makanan populer di dunia juga dibuat kreasi menjadi donat. Mie instan yang sudah dimasak dibentuk bulat dengan lubang di tengah. Mie yang digunakan merupakan mie goreng dari salah satu merek mie instan di Indonesia.

Mie goreng instan dimasak seperti biasa bersama bumbunya. lalu mie dicetak dengan cetakan berlubang dan dikukus. Setelah itu dicelup telur kocok dan dilapisi tepung panir dan digoreng. Disajikan dengan saus sambal dan keju parut.

Awalnya donat mie ini mulai populer di Australia, hingga akhirnya menjadi populer sampai ke Indonesia. Karena menggunakan merek mie instan asal Indonesia.

Baca Juga : Donat Mie Goreng Instan Hybrid Donat dan Mie Instan yang Curi Perhatian di Tahun 2018

3. Donat Spaghetti
Kreasi Baru, 5 Donat Unik dengan Rasa GurihFoto: Istimewa

Serupa tapi tak sama dengan donat mie, donat ini dibuat dari sajian spaghetti. Ketika dirasa sulit saat mengkonsumsi spaghetti karena teksturnya yang licin, mungkin dengan makan donat spaghetti menjadi solusinya.

Donat spaghetti pertama kali dipopulerkan oleh salah satu penjual makanan di pasar akhir pekan yang ada di Amerika. Meski sudah dibentuk menyerupai donat, tetapi tekstur dari spaghetti itu masih bisa terlihat jelas.

Baca Juga : Mau Donat atau Spaghetti? Keduanya Ada Dalam 'Spaghetti Doughnut' yang Lagi Populer Ini

4. Donat Burger
Kreasi Baru, 5 Donat Unik dengan Rasa GurihFoto: Istimewa

Bukan hanya bentuknya saja yang menyerupai donat, donat burger ini dibuat dengan adonan donat. Donat burger terbuat dari donat manis yang dibelah menjadi dua bagian. Rasa manis tersebut dikalahkan dengan berbagai isian gurih seperti beef patty, pork belly, lembaran keju, keju marcarpone, dan sirup mapple.

Berbagai isian tersebut membuat tampilan pada donat burger ini terlihat sangat tebal. Donat unik ini disajikan di sebuah toko donat yang berada di California, Amerika Serikat.

Baca Juga : Nyam! Ada Donat Burger yang Terinspirasi Home The Simpsons

5. Donat Pizza
Kreasi Baru, 5 Donat Unik dengan Rasa GurihFoto: Istimewa

Bentuk donat ternyata menginspirasi orang untuk membuat pizza berbentuk donat. Jika biasanya pizza berbentuk bulat yang kemudian dipotong menjadi beberapa bagian berbentuk segitiga, kini pizza juga bisa dibentuk bulat seperti donat.

Bahan-bahan dan cara pembuatannya tentu sama seperti sajian pizza pada umumnya, hanya saja dibentuk dalam tampilan yang berbeda. Adonan pizza tersebut dibentuk bulat, kemudian letakkan berbagai topping seperti sosia, saus, hingga keju. Lalu panggang hingga matang.

Baca Juga : Ini Sushi atau Pizza? Bukan Pizza Italia Tapi Sushi Berbentuk Pizza

Simak Video "Di Kafe Ini, Donat Kampung Disulap Jadi Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)