Setelah Sushi Burger, Kini Ada Sushi Donat yang Tak Kalah Unik

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 16 Jun 2016 10:51 WIB
Foto: Instagram
Jakarta - Sushi umumnya berbentuk bundar dengan nasi dan isian atau topping. Tapi kini ada sushi donat yang memadukan bentuk donat dengan isian sushi. Nyam!

Sushi jadi salah satu makanan yang mudah dikreasikan. Kali ini muncul sushi donat yang populer di Instagram. Dikutip dari Mashable (14/6), sushi ini berbentuk bundar mendatar dengan lubang di tengahnya. Sementara isian sushi ditaruh di atas dan dijadikan topping donat.

Meski hanya inovasi berupa bentuk, sushi ini tetap menarik perhatian karena tampilannya yang cantik. Di Instagram, saat berita ini ditulis, hasil pencarian melalui tagar #sushidonut menghasilkan 106 hasil foto.


Akun @sobeautifullyraw, misalnya, membuat sushi donat vegan. Nasi sushi dibuat dalam cetakan donat yang telah dilumuri minyak kelapa. Toppingnya berupa wijen hitam, jahe, wasabi, mayo kacang mete, dan alpukat. Unggahan foto ini telah mendapat lebih dari 17.100 likes.

Sementara Whole Foods (@wholefoods) mengunggah foto sushi donat dalam rangka memperingati National Doughnut Day di Amerika Serikat pada 3 Juni lalu. Kreasinya berupa nasi merah yang dicetak bundar kemudian diberi isian salmon dan alpukat. Toppingnya berupa tuna pedas, wasabi mayo, dan biji wijen.


Dalam foto yang mendapat lebih dari 7000 likes tersebut, Whole Foods menegaskan kreasi ini tidak dijual. Hanya perwujudan seni makanan yang dibuat sungguhan.

Tak kalah menarik, @saltnpepperhere mencoba membuat sushi donat yang terinspirasi Whole Foods dan So Beautifully Raw. Dalam keterangan foto ia menjelaskan menggunakan sisa-sisa bahan membuat sushi untuk membuat sushi donat.


Meski terlihat unik, sushi donat dinilai punya kekurangan karena sulit dimakan. Nasi, isian, maupun toppingnya kemungkinan besar akan berantakan saat disantap. Sama dengan sushi burger yang sudah lebih dulu dibuat.

Sushi burger menggabungkan isian sushi dalam bentuk burger. Nasi dicetak sama besar dengan ukuran patty burger lalu diisi sashimi, tempura, atau isian sushi versi Barat seperti patty daging dan fried chicken. Untuk melengkapinya, burger diberi topping alpukat, mayo pedas, acar jahe, dan lainnya.

(adr/odi)