Kue Lebaran Enak

Tips Bikin Nastar, Kastengel, hingga Putri Salju Enak dari Pastry Chef Senior

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 25 Mei 2019 12:15 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Lebaran tinggal menghitung hari. Masih ada waktu untuk bikin kue kering sendiri. Supaya berhasil, ikuti tips pastry chef senior ini.

Kue kering buatan sendiri pasti istimewa dan lebih terjamin kualitasnya. Ada banyak tips yang perlu diperhatikan saat mengkreasikan nastar, kastengel, lidah kucing, dan putri salju. Agar berhasil, coba ikuti saran dari pastry chef senior Yongki Gunawan.

1. Memilih jenis telur terbaik untuk kue



Tak sembarang memilih telur, agar kue kering bagus kualitasnya harus memakai telur segar. Chef Yongki berbagi tips soal memilih telur yang segar. Telur haruslah berumur sekitar 5 hari. Cara mengujinya bisa memakai bantuan air.

Telur masih segar ditandai dengan posisinya yang 'tertidur' di dasar air alias tidak mengambang. Chef Yongki melanjutkan, "Kalau telurnya mengambang, berarti umurnya sudah lebih dari 5 hari. Bahkan kalau sampai 10 hari, posisi telur bisa berdiri tegak."

Baca Juga: Cara Memilih Telur Terbaik untuk Kue, Dari Jenis hingga Cirinya

2. Menyiapkan tepung dan butter untuk kue

Setelah telur, kunci sukses pembuatan kue kering ada pada pemilihan tepung terigu dan mentega yang baik. Tepung terigu untuk kue kering sebaiknya menggunakan tepung terigu protein sedang. Chef Yongki mengatakan, "Kalau bikin kue kering, terigunya harus yang protein sedang, 11-12 persen. Banyak merek sekarang, bisa dilihat golongan proteinnya."

Untuk mentega, kalau mau mengambil keotentikan rasa kue kering kuno Indonesia bisa pakai mentega atau margarin merek populer. Hanya saja ia menyarankan penggunakan mentega agar rasa gurih kue kering lebih kuat dan legit.

Baca Juga: Memilih Jenis Tepung Terigu dan Mentega Terbaik untuk Kue Kering

3. Tips nastar mulus

Sering kali nastar bikinan sendiri permukaanya retak-retak. Untuk menghindari hal itu, adonan nastar haruslah tepat. "Banyak yang membuat adonan nastar yang salah. Tepung yang dipakai untuk membuat nastar haruslah tepung berprotein sedang," jelas chef yang sudah berkiprah di dunia pastry Indonesia selama 39 tahun itu.

Selain itu, tepung terigu yang digunakan sebaiknya dikukus sekitar setengah sampai 1 jam. "Setelahnya kita keringkan saja, dikipas-kipas hingga kering. Atau kalau ingin lebih kering disangrai sebentar tapi jangan sampai cokelat," paparnya. Tak ketinggalan aturan mengocok bahan nastar.

Baca Juga: Cara Membuat Nastar Mulus Tanpa Retak-retak Halus

4. Tips membuat selai nanas legit untuk isian nastar

Setelah adonan nanas yang tepat, coba bikin selai nanas manis legit sebagai isiannya. Kuncinya ada pada penggunaan mata nanas. Bagian nanas yang sering dibuang ini ternyata memiliki zat yang membuat kualitas selai nanas lebih baik.

Yang tak kalah penting, penggunaan mata nanas membuat aroma harum nanas tercium lebih kuat. "Kalau dibuang matanya, wangi nanasnya nggak ada. Orang ngiranya nanti itu dodol apa," ujar Chef Yongki berseloroh.

Baca Juga: Cara Bikin Selai Nanas Buat Isi Nastar yang Legit dan Harum

5. Tips kastengel renyah dan gurih

Membuat kastengel yang renyah dan gurih juga ada triknya. Salah satunya mengukus terigu protein sedang terlebih dahulu sebelum digunakan. Kukus sekitar setengah jam dan sangrai hingga kering.

Untuk adonan, kocok jadi satu butter, gula dan telur. "Agar lebih bagus, butter bisa dimasukkan dulu ke dalam lemari pendingin dan kocok dengan menggunakan mikser sampai putih," kata Chef Yongki memberi tips.

Baca Juga: Cara Membuat Kastengels Renyah dan Gurih

6. Tips memilih keju untuk kastengel

Dari sekian banyak jenis keju di pasaran, ada jenis yang tepat untuk dijadikan adonan dan taburan kastengel. Jenis keju ini membuat tekstur kastengel lebih renyah sekaligus gurihnya lebih kuat.

Chef Yongki mengatakan jenis keju tua adalah yang paling baik untuk kastengel. Agar rasanya pas, dua jenis keju tua ini bisa diandalkan.

Baca Juga: Jenis Keju untuk Kastengel yang Paling Gurih dan Mantap

7. Tips agar gula menempel pada putri salju

Putri salju yang enak terletak pada teksturnya yang lembut dan lumer. Begitu juga dengan pemakaian jenis gula yang tepat. Tak sembarang jenis gula bisa dipakai.

Chef Yongki berbagi info penting soal gula untuk putri salju. Mulai dari jenis hingga waktu yang tepat untuk membalurkan gula pada putri salju. Dijamin putri salju bikinan sendiri lebih enak.

Baca Juga: Tips agar Gula Putri Salju Menempel dan Lembut Lumer di Mulut

8. Tips lidah kucing renyah dan manis

Lidah kucing juga selalu diincar saat Lebaran. Kue kering asal Belanda ini mudah dibuat sendiri di rumah. Agar berhasil, pastikan mengocok mentega dengan tepat.

"Baru masukkan tepung terigu. Terakhir, masukkan putih telur yang sudah dikocok, diaduk-aduk," lanjut Chef Yongki. Adonan lidah kucing lalu bisa dicetak.

Baca Juga: Tips Membuat Lidah Kucing Renyah dan Manis

(adr/odi)