Kue Lebaran Enak

Cara Membuat Nastar Mulus Tanpa Retak-retak Halus

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 21 Mei 2019 16:00 WIB
Foto: Instagram Foto: Instagram
FOKUS BERITA Kue Lebaran Enak
Jakarta - Cara membuat nastar mulus tanpa permukaan yang retak tidak sulit. Chef pastry senior mengungkapkan penyebab kue nastar retak.

Kue berisi selai nanas nan lembut ini agaknya selalu jadi suguhan Hari Raya wajib. Anda mungkin sudah mulai membuat kue nastar jelang lebaran. Bisa jadi Anda termasuk orang yang belum berhasil membuat nastar mulus bulat cantik seperti bikinan bakery langganan.

Cara Membuat Nastar Mulus Tanpa Retak-retak HalusFoto: Instagram

Anda pasti sudah percaya diri membuat nastar dengan resep andalan. Harapannya tentu nastar berwarna kuning keemasan, mulus dan rasa serta aroma yang enak.

Kalau nastar buatan Anda masih retak, tak usah berkecil hati. Chef Yongki Gunawan mengungkapkan penyebab kue nastar retak. Menurut chef yang sudah menulis banyak buku Baking ini, Anda hanya perlu membuat adonan kue nastar dengan benar.

Baca juga: Resep Nastar Empuk Manis yang Enak Buat Camilan

"Banyak yang membuat adonan nastar yang salah. Tepung yang dipakai untuk membuat nastar haruslah tepung berprotein sedang," jelas chef yang sudah berkiprah di dunia pastry Indonesia selama 39 tahun itu pada detikFood (20/5/2019).

Cara Membuat Nastar Mulus Tanpa Retak-retak HalusFoto: Istock

Chef Yongki mengungkap cara membuat kue nastar yang tidak retak bisa diperoleh dengan mengukus tepung berprotein sedang sebelum digunakan. Waktu mengukusnya pun tidak terlalu lama, sekitar setangah sampai satu jam.

"Setelahnya kita keringkan saja, dikipas-kipas hingga kering. Atau kalau ingin lebih kering disangrai sebentar tapi jangan sampai cokelat," paparnya.

Pencampuran bahan dasar pembuatan kue nastar seperti mentega, telur, gula, dan tepung juga perlu diperhatikan. Anda bisa menggunakan mikser dalam mencampur semua bahan tersebut dengan catatan jangan langsung memasukkan semua tepung ke dalam mikser.

Cara Membuat Nastar Mulus Tanpa Retak-retak HalusFoto: iStock

"Mentega, telur, dan gulanya kita kocok dulu hingga mengembang. Setelah mengembang, pada saat memasukkan terigu, jangan semuanya langsung dimasukkan," jelasnya.

Anda baru bisa memasukkan setengah tepung yang ada usai adonan tersebut memiliki tekstur seperti karet, layaknya tepung yang terkena air. Jika sudah, matikan mikser lalu masukkan sisa tepung dan aduk dengan garpu.

"Setelah diaduk barulah adonan nastar dibentuk. Biasanya perbandingannya, 5:4. Jadi 5 bagian kulit, 4 bagian isi. Kalau kulitnya 10 gram, isinya harus 7 atau 8 gram," jelas Chef Yongki.

Dengan begini, Anda bisa membuat nastar yang mulus tanpa retakan halus di permukaannya. Tekstur nastar juga tetap renyah dengan rasa yang gurih enak.

Baca juga: Ragam Kue Ikonik yang Meriahkan Silaturahmi Hari Raya

(dwa/odi)
FOKUS BERITA Kue Lebaran Enak