Kue Lebaran Enak

Tips Membuat Lidah Kucing Renyah dan Manis

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 24 Mei 2019 16:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Kue Lebaran Enak
Jakarta - Tips membuat lidah kucing renyah juga perlu diperhatikan saat Anda mau bikin sendiri. Proses mengocok adonan dan memasukkan putih telur jadi kuncinya.

Di Indonesia ada 4 jenis kue kering klasik yang selalu dicari untuk Lebaran ataupun Natal. Nastar, kastengel, putri salju, dan lidah kucing. Seperti halnya kastengel, lidah kucing juga berasal dari Belanda.

Di sana lidah kucing disebut "Katte Tong" yang secara harfiah memang "Lidah Kucing". Menggambarkan bentuk kue kering ini yang seperti lidah kucing, bulat panjang tipis dan renyah. Sementara di Filipina, lidah kucing disebut "Lengua de gato".

Tips Membuat Lidah Kucing Renyah dan ManisFoto: iStock

Baca Juga: Yuk, Bikin Sendiri Lidah Kucing Keju untuk Lebaran!

Sebenarnya kue ini dibuat untuk memanfaatkan sisa putih telur yang berlimpah saat orang membuat cake dengan kuning telur, seperti lapis legit dan lapis Surabaya. Adonan utama lidah kucing adalah tepung terigu, mentega, dan putih telur. "Biasanya lidah kucing dibikin karena ada limpahan sisa putih telur," kata Chef Yongki Gunawan pada detikFood (24/5).

Untuk membuat adonannya, mentega dikocok sampai naik. "Baru masukkan tepung terigu. Terakhir, masukkan putih telur yang sudah dikocok, diaduk-aduk," lanjutnya. Adonan lidah kucing lalu bisa dicetak.

Bisa menggunakan loyang biasa atau loyang khusus lidah kucing. "Sifat lidah kucing nantinya melumer karena mengandung putih telur. Kue kering yang ada putih telurnya memang pasti melumer dan melebar. Dipanggangnya sebentar saja," kata Chef Yongki.

Tips Membuat Lidah Kucing Renyah dan ManisFoto: iStock

Selain kue kering, resep lidah kucing ternyata juga bisa dipakai di roti. Ada juga yang menambahkannya ke kue sus. Sementara paduan rasanya, lidah kucing enak ditambahkan potongan kacang mete atau kacang tanah. Pencinta keju juga bisa menambahkan taburan keju di atas lidah kucing.

Tren lain dari lidah kucing adalah lidah kucing rainbow. Beberapa tahun lalu, kue kering tipis renyah ini hadir dalam warna semarak. Lidah kucing rainbow dibuat dengan tambahan pewarna makanan. Adonannya lalu disusun berdasarkan urutan warna. Atau dengan warna merah ala Red Velvet dan diberi teh hijau atau matcha.

Baca Juga: Harga Nastar Rp 100 Ribu-an Ada di Tempat Ini

(adr/odi)
FOKUS BERITA Kue Lebaran Enak