Kue Lebaran Enak

Memilih Jenis Tepung Terigu dan Mentega Terbaik untuk Kue Kering

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 22 Mei 2019 13:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Kue Lebaran Enak
Jakarta - Tepung terigu jadi bahan utama dalam pembuatan kue kering. Memilih jenis tepung terigu yang tepat penting untuk menghasilkan kue kering yang renyah dan tahan lama.

Terlihat sepele, tepung terigu sebenarnya jadi kunci kelezatan kue kering. Memilihnya harus dalam jenis yang tepat agar menghasilkan citarasa kue kering yang maksimal. Di pasaran, ada 3 jenis tepung terigu yang umum ditemui. Ketiga jenis tepung terigu itu dibedakan berdasarkan kandungan proteinnya.

Tepung terigu protein tinggi mengandung protein sebesar 13-14 persen. Jenis tepung ini memiliki daya serap yang tinggi terhadap cairan. Glutennya akan mengembang dan membentuk adonan elastis. Cocok dipakai untuk membuat roti, donat, dan mie.

Memilih Jenis Tepung Terigu dan Mentega Terbaik untuk Kue KeringFoto: iStock

Tepung terigu protein sedang memiliki 11-12 persen. Sering disebut sebagai tepung terigu serba guna karena bisa dipakai untuk banyak jenis masakan. Mulai dari gorengan, cookies, dan cake.

Sementara tepung terigu protein rendah, proteinnya hanya berkisar 8-11 persen. Jenis tepung ini daya serap airnya rendah sehingga lebih sulit diuleni dan susah untuk mengembang.

Baca Juga: Sebelum Membuat Kue, Kenali Dulu Jenis Tepung Terigu Ini

Dari ketiga jenis tepung terigu tersebut, pakar kue Chef Yongki Gunawan mengatakan tepung terigu protein sedang adalah yang terbaik untuk membuat kue kering. "Kalau bikin kue kering, terigunya harus yang protein sedang, 11-12 persen. Banyak merek sekarang, bisa dilihat golongan proteinnya," kata Chef Yongki kepada detikFood (20/5).

Memilih Jenis Tepung Terigu dan Mentega Terbaik untuk Kue KeringFoto: iStock

Sementara untuk membuat cake, tepung terigu protein rendah bisa jadi pilihan. Chef Yongki menjelaskan, "Kalau membuat cake kita nggak butuh gluten, jadi pakai yang rendah. Bahkan kalau pakai terigu yang sudah dikukus atau disangrai, silakan saja, bisa dipakai untuk membuat cake."

Selain soal tepung terigu, Chef Yongki juga menyinggung pentingnya mentega atau butter. Ia menekankan butter berbeda dari margarin dimana butter menggunakan bahan hewani, sementara margarin memakai bahan nabati. "Cake atau kue kering bisa enak atau tidak tergantung butter yang kita pakai," kata Chef Yongki.

Memilih Jenis Tepung Terigu dan Mentega Terbaik untuk Kue KeringFoto: iStock

Meski begitu, ia mengatakan semua merek mentega dan margarin bagus asal digunakan sesuai dengan fungsinya. "Kalau kita bikin kue-kue kuno Indonesia, butternya kan terkenal Blue Band atau Wijsman. Kalau mau ambil keotentikannya, ya pakai itu," lanjut pakar kue sekaligus konsultan bakery ini.

Chef Yongki sempat menyinggung soal beda rasa pemakaian mentega dan margarin. "Kalau cake atau kue kering hanya pakai margarin, sebenarnya rasanya kurang pas. Tidak ada sensasi yang tepat. Harus dikasih butter. Tapi terserah Anda mau pakai yang mana," pungkas Chef Yongki.

Baca Juga: Agar Kue Enak Rasanya Simpan Bahan-bahan Kue dengan Trik Ini


(adr/odi)
FOKUS BERITA Kue Lebaran Enak