Canggih! Robot-robot Ini Bisa Suapi Makanan dan Racik Minuman

Sonia Basoni - detikFood Senin, 29 Apr 2019 08:06 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Semakin berkembangnya teknologi, robot jadi beralih fungsi melakukan berbagai hal. Salah satunya menyuapi makanan hingga jadi pelayan bar.

Setiap harinya ilmuwan selalu menghadirkan inovasi terbaru di bidang kemajuan teknologi. Terutama lewat robot. Banyak robot diciptakan untuk membantu manusia, ada robot tangan yang bisa menyuapi makanan, robot menjadi pelayan bar, hingga mengantarkan makanan.Punya Teknologi Canggih, Barisan Robot Ini Bisa Suapi Makanan dan Buat Minuman


1. Robot Pelayan Restoran

Canggih! Robot-robot Ini Bisa Suapi Makanan dan Racik MinumanFoto: Istimewa
Di Nepal ada restoran yang menggunakan teknologi robot. Di sana para pengunjung akan dilayani oleh pelayan robot bernama Ginger. Di sini Ginger merupakan robot berbasis humanoid bilingual, yang memiliki fungsi mirip seperti Siri dari Apple.

Keistimewaan yang dimiliki Ginger ialah ia mampu bergerak dan memahami situasi di sekitarnya. Ia bisa membawa baki berisi hidangan ke meja pelanggan dengan baik meski dalam suasana yang ramai.

Baca Juga: Wah, Robot di Resto Nepal Ini Layani Pengunjung dengan Cekatan!


2. Robot Supermarket

Canggih! Robot-robot Ini Bisa Suapi Makanan dan Racik MinumanFoto: Istimewa

Selain menjadi pelayan restoran, robot juga bisa membantuPunya Teknologi Canggih, Barisan Robot Ini Bisa Suapi Makanan dan Buat Minumanpara pengunjung berbelanja di restoran. Salah satu supermarket di Virginia, Amerika. Punya pelayan robot canggih bernama Marty.

Marty bertugas untuk menggantikan tugas para karyawan di supermarket. Robot canggih ini juga bisa melihat barang yang jatuh dan memberitahu pelanggan secara langsung ataupun lewat pengumuman publik di supermarket.

Baca Juga: Robot Lucu Ini Berkeliling di Supermarket untuk Bantu Layani Pembeli


3. Robot Pelayan Bar

Canggih! Robot-robot Ini Bisa Suapi Makanan dan Racik MinumanFoto: Istimewa

Sebuah wine bar di kota Praha, Republik Ceko bernama Cyberdog mengeluarkan fitur terbaru. Fitur ini menggantikan para pegawai bar, dengan robot bartender yang menyediakan minuman, sesuai pesanan lewat aplikasi smartphone.

Di bar Cyberdog, setelah para pengunjung memesan minuman mereka lewat aplikasi di ponsel masing-masing. Nantinya akan ada robot berbentuk tangan dengan warna merah, yang akan mengantarkan pesanan ke meja pengunjung.

Baca Juga: Keren! Tamu Bar di Praha Ini Dilayani Bartender Robot yang Canggih


4. Robot untuk Menyuapi Makanan

Canggih! Robot-robot Ini Bisa Suapi Makanan dan Racik MinumanFoto: Istimewa
Baru-baru ini hadir robot canggih, yang dirancang khusus untuk suapi makan penyandang disabilitas. Robot ini berbentuk tangan, yang menggunakan mesin pengenalan wajah, untuk memudahkan orang-orang penyandang disabilitas lebih mudah makan.

Uniknya robot ini dapat mensimulasikan gerakan manusia, ketika mengambil makanan hingga menyuapi makanan tersebut menggunakan garpu.

Baca Juga: Keren! Robot Ini Dirancang Untuk Menyuapi Makan Penyandang Disabilitas


5. Robot Tangan

Canggih! Robot-robot Ini Bisa Suapi Makanan dan Racik MinumanFoto: Istimewa
Robot yang satu ini bentuknya hanya berupa tangan saja, diberi nama 'Arm-A-Dine', robot ini dipasang melingkari dada seseorang sehingga berkerja sebagai tangan ketiga dari pengguna robot.

Fungsinya tangan-tangan robot ini akan membantu sang pengguna untuk mengambil makanan ke piring mereka, hingga menyuapinya. Sehingga menghadirkan pengalaman makan yang baru dan unik.

Baca Juga: Canggih! Tangan Robot Ini Bisa Suapi Makanan Secara Otomatis (sob/odi)