Keren! Tamu Bar di Praha Ini Dilayani Bartender Robot yang Canggih

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 02 Des 2018 10:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Praha - Perkembangan teknologi semakin canggih di bidang robot menjadi tren terbaru di dunia kuliner. Kini muncul bartender robot yang mampu meracik minuman.

Sebuah wine bar di kota Praha, Republik Ceko bernama Cyberdog baru saja mengeluarkan fitur terbaru. Fitur ini menggantikan para pegawai bar, dengan robot bartender yang menyediakan minuman, sesuai pesanan lewat aplikasi smartphone.

Baca Juga: Hebat! Pelayan Robot di Kafe Ini Dikendalikan oleh Para Difabel

Dilansir Daily Mail UK (30/11), bar ini baru saja dibuka oleh perusahaan pengembang properti Trigema. Bar ini punya desain yang unik, karena pengunjung seakan diajak untuk masuk ke stasiun luar angkasa.

Keren! Tamu Bar di Praha Ini Dilayani Bartender Robot yang CanggihFoto: Istimewa

Di bar Cyberdog, setelah para pengunjung memesan minuman mereka lewat aplikasi di ponsel masing-masing. Nantinya akan ada robot berbentuk tangan dengan warna merah, yang akan mengantarkan pesanan ke meja pengunjung.

Cyberdog saat ini baru menghadirkan 7 jenis wine yang ada di kotak pendingin. Setelah dipesan, para robot ini akan membuka botol wine dan menuangkan wine itu ke empat gelas dalam satu waktu.

Kemudian robot ini akan membawa gelas-gelas tersebut menggunakan baki, dan menurunkan baki tersebut sehingga para pengunjung bisa mengambil pesanan wine mereka.

Keren! Tamu Bar di Praha Ini Dilayani Bartender Robot yang CanggihFoto: Istimewa

Pemilik perusahaan Trigema, Marcel Soural mengatakan bahwa nantinya akan banyak sektor jasa yang mengganti tenaga kerja manusia dengan mesin. Apalagi tenaga kerja manusia semakin mahal, dibandingkan dengan biaya mesin.

"Saya sangat yakin bahwa dalam beberapa waktu kedepan, ketika Anda dilayani dengan pegawai manusia di restoran. Restoran itu pasti restoran mahal dan unik," ungkap Soural yang yakin bahwa nantinya semua tenaga kerja akan digantikan dengan robot.

Meski bar miliknya bukan yang pertama kali menggunakan tenaga robot, tapi Soural mengungkapkan bahwa robot di barnya jauh lebih canggih. Selain menyiapkan dan mengantarkan minuman, robot ini bisa juga diajak menari.

Keren! Tamu Bar di Praha Ini Dilayani Bartender Robot yang CanggihFoto: Istimewa

"Ketika robot ini sedang tidak ada pesanan, atau ketika dia merasa bosan dia akan menunjukkan gerakan sesuai dengan program yang dipasang di sana," lanjut Soural.

Tak hanya minuman saja, bar ini juga menyajikan berbagai makanan unik. Makanan di sini mengusung konsep makanan para astronaut, ketika bertugas di luar angkasa.

Teknologi berbentuk tangan nampaknya tengah menjadi tren di dunia kuliner. Sebelumnya para ilmuwan asal Exertion Games Lab di RMIT University, di Australia, menciptakan Arm-A-Dine'. Teknologi tangan robot yang dipasang untuk menyuapi makanan.

Baca Juga: Canggih! Tangan Robot Ini Bisa Suapi Makanan Secara Otomatis

(adr/odi)