Canggih! Tangan Robot Ini Bisa Suapi Makanan Secara Otomatis

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 25 Nov 2018 12:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Para ilmuwan baru saja menciptakan robot berbentuk tangan. Khusus didesain untuk membantu orang makan secara otomatis hingga mereka kenyang.

Teknologi robot tangan ini diberi nama 'Arm-A-Dine', yang dipasang melingkari dada seseorang sehingga berkerja sebagai tangan ketiga dari pengguna robot ini. Fungsinya tangan-tangan robot ini akan membantu sang pengguna untuk mengambil makanan ke piring mereka, hingga menyuapinya.

Canggih! Tangan Robot Ini Bisa Suapi Makanan Secara OtomatisFoto: Istimewa
Baca Juga: Science City India Sedang Buat Robot Pramusaji Canggih

Dilansir Daily Mail UK (24/11), robot tangan ini masih dalam proses pengembangan. Diciptakan untuk menghadirkan pengalaman sosial ketika makan. Inovasi ini sendiri berasal dari Exertion Games Lab di RMIT University, di Australia. Sekaligus berkerja sama dengan Indian Institute of Information Technology Design.

"Arm-A-Dine merupakan desain yang kita ciptakan untuk mengeksplor sistem makan dua orang yang berfokus pada pemberian makan, hingga pengalaman makan bersama," ungkap para ilmuwan.

Canggih! Tangan Robot Ini Bisa Suapi Makanan Secara OtomatisFoto: Istimewa
"Dalam pengalaman ini, ketiga tangan yang terdiri dari dua tangan manusia, dan satu tangan robot. Akan digunakan untuk menyuapi makanan kepada diri sendiri, hingga orang lain. Kami juga menciptakan sistem yang mengkontrol pergerakan tangan robot, melalui ekspresi wajah dari pengguna hingga orang-orang di sekitar meja makan," lanjutnya.

Nantinya tangan-tangan robot ini akan bergerak dengan sendirinya, tapi mereka tidak langsung menyuapi makanan ke dalam mulut sang pengguna. Melainkan mereka akan berhenti di jarak 10 cm untuk menganalisa ekspresi wajah orang, sebelum menyuapinya dengan makanan.

Canggih! Tangan Robot Ini Bisa Suapi Makanan Secara OtomatisFoto: Istimewa
Nantinya, para tangan robot ini akan menentukan sendiri siapa orang yang akan mereka berikan makanan sesuai dengan ekspresi wajah yang ditunjukkan. Jika orang itu tersenyum, maka robot ini akan memberikan makanan kepada mereka. Sementara jika ekspresi wajah mereka tidak tersenyum, para robot ini tidak akan menawarkan makanan kepada mereka.

"Dengan menganalisa ekspresi wajah orang-orang, kami berharap dengan adanya robot tangan ini akan memberikan pengalaman baru, tawa, kebahagiaan, hingga kehangatan berbagi makanan dengan sesama," ungkap para peneliti lainnya.

Meski masih dalam proses pengembangan, tapi robot tangan ini bukanlah proyek komersil yang akan dijual bebas. Hingga saat ini belum ada keputusan yang jelas, apakah nantinya robot tangan ini akan dipasarkan secara umum di masa depan.

Baca Juga: Keren! Makanan di Restoran Ini Dimasak oleh Teknologi Robot Canggih



Tonton juga video 'Ada Robot Laba-laba Ciptaan Pemuda Tuna Wicara':

[Gambas:Video 20detik]

Canggih! Tangan Robot Ini Bisa Suapi Makanan Secara Otomatis
(dwa/odi)