Wah, Robot di Resto Nepal Ini Layani Pengunjung dengan Cekatan!

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 04 Des 2018 12:18 WIB
Foto: India Times Foto: India Times
Jakarta - Nepal kini punya restoran yang robot pertama. Para pelanggan di sana akan dilayani oleh robot pramusaji canggih bernama Ginger. Seperti apa ya bentuknya?

Paaila Technology, perusahaan start-up lokal Nepal baru saja membuat robot setinggi 1,5 meter yang diberi nama Ginger. Robot canggih itu dapat memahami dua bahasa, bahasa Inggris dan Nepal.

Robot humanoid bilingual ini bisa memiliki fungsi yang sama seperti Siri milik Apple ataupun Alexa milik Amazon.

Wah, Robot di Resto Nepal Ini Layani Pengunjung dengan Cekatan!Foto: India Times
Baca juga: Canggih! Tangan Robot Ini Bisa Suapi Makanan Secara Otomatis

Terdapat tiga Ginger yang bekerja di restoran Naulo di kota Kathmandu. Ini jadi hal canggih sekaligus angin segar di wilayah tersebut. Mengingat jalanan di wilayah itu masih banyak yang rusak akibat gempa bumi yang mengguncang Nepal tiga tahun yang lalu.

"Ini tempat pengujian kami. Kami menyesuaikan (robot) sesuai dengan tanggapan dari pelanggan kami," jelas Binay Raut selaku CEO Paaila Technology pada The Economic Times, India Times (15/11).

Wah, Robot di Resto Nepal Ini Layani Pengunjung dengan Cekatan!Foto: India Times
Robot pramusaji canggih ini dibuat oleh tim yang didominasi anak muda. Rata-rata berisi insinyur yang berusia 25 tahun. Raut jadi salah satu pencipta Ginger tertua dalam tim itu sebab ia berusia 27 tahun.

Menurut Raut butuh waktu berbulan-bulan untuk membuat prtotipe robot Ginger. Untuk tampilannya, tubuh Ginger terlihat mengilap karena dicat di sebuah bengkel mobil dekat kantor Paaila Technology.

Walaupun restoran Naulo baru dibuka selama empat bulan, restoran itu sudah memiliki banyak pelanggan. Banyak warga yang penasaran dengan robot canggih di restoran itu. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Wah, Robot di Resto Nepal Ini Layani Pengunjung dengan Cekatan!Foto: India Times
Keistimewaan yang dimiliki Ginger ialah ia mampu bergerak dan memahami situasi di sekitarnya. Ia bisa membawa baki berisi hidangan ke meja pelanggan dengan baik meski dalam suasana yang ramai.

Para pelanggan cukup memesan sajian yang ada melalui menu layar sentuh yang dipasang di tiap meja. Kemudian juru masak akan memanggil Ginger ke dapur dan robot canggih itu akan menyajikan hidangan ke meja pelanggan.

Wah, Robot di Resto Nepal Ini Layani Pengunjung dengan Cekatan!Foto: India Times
Bentuk Ginger yang terlihat seperti robot dalam film fiksi membuatnya berubah menjadi objek foto pengunjung terutama anak-anak. Mereka kerap melakukan selfie dengan para Ginger.

Saat ini Paaila Technology sedang mematenkan robot buatannya dan rencananya akan menjual Ginger baik di dalam dan luar Nepal.

Hal ini agaknya jadi salah satu kemajuan teknologi yang sudah diperkirakan sebelumnya. Sebab baru-baru ini, World Economic Forum memperkirakan bahwa di tahun 2025 nanti, lebih dari separuh pekerjaan yang ada akan dijalankan oleh robot.

Baca juga: Canggih! Ini 7 Robot yang Hadir di Industri Kuliner (dwa/odi)