Keren! Robot Ini Dirancang Untuk Menyuapi Makan Penyandang Disabilitas

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 16 Apr 2019 18:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Setelah banyak robot yang diciptakan untuk membantu orang-orang makan. Kini hadir robot canggih, yang dirancang khusus untuk suapi makan penyandang disabilitas.

Lewat penelitian yang mengamati bagaimana orang menggunakan garpu untuk makan. Robot canggih baru diciptakan, untuk hal yang serupa. Robot ini berbentuk tangan, yang menggunakan mesin pengenalan wajah, untuk memudahkan orang-orang penyandang disabilitas lebih mudah makan.

Baca Juga: Dalam 1 Jam Robot Ini Bisa Bikin Ratusan Sushi dan Ribuan Bola Nasi
Keren! Robot Ini Dirancang Untuk Menyuapi Makan Penyandang DisabilitasFoto: Istimewa
"Hidup bergantung pada perawat yang memberi makan setiap harinya, perlahan mengambil kemandirian dari seseorang," tutur Siddaharta Srinivasa, selaku salah satu ilmuwan yang menciptakan robot, dilansir dari Daily Mail UK (13/04).

Robot ini diberi nama Assistive Dexterous Arm (ADA), merupakat robot yang gesit, dengan basis komputer sebagai pengontrolnya, dan dapat dipasang ke kursi roda pengguna. Robot ini juga dilengkapi kamera, dan sensor sentuhan di bagian tangannya. ADA dikembangkan oleh para peneliti dari Amerika.

Ketika diaktifkan, robot ini akan mensimulasikan gerakan manusia nyata guna mengindentifikasi, mengambil makanan, hingga menyuapi makanan tersebut menggunakan garpu.

"Ketika kita memulai proyek ini, kami sadar, bahwa banyak cara di mana orang bisa menikmati makanan tergantung bentuk, ukuran, hingga teksturnya," tutur salah satu peneliti bernama Tapomayukh Bhattacharjee.
Keren! Robot Ini Dirancang Untuk Menyuapi Makan Penyandang DisabilitasFoto: Istimewa
Mesin ini bisa mengantarkan makanan ke mulut, mulai dari makanan yang memiliki tekstur padat seperti wortel. Hingga makanan dengan tekstur lembut seperti irisan buah pisang, tomat, dan anggur.

Uniknya, robot ini juga memiliki beberapa pilihan fitur penyuapan makanan tergantung jenis makanannya. Makanan seperti wortel dan anggur, robot akan memberikan tekanan yang sesuai hingga sampai ke dalam mulut. Sementara untuk makanan lembut, robot ini akan memastikan bahwa makanan-makanan tersebut tidak akan jatuh tergelincir dari garpu mereka.

Setelah robot ADA berhasil mengambil makanan dari piring, fungsi sensor pengenalan wajah akan menuntun bagian tangan robot, agar makanan bisa masuk ke mulut pengguna.

Ketika robot ini sudah tidak bisa digunakan, ADA akan memindai piring yang kosong, atau pengguna bisa langsung memberi tahu bahwa mereka sudah selesai makanan. Nantinya, dengan otomatis robot ini akan terlipat rapih di sisi kursi roda.
Keren! Robot Ini Dirancang Untuk Menyuapi Makan Penyandang DisabilitasFoto: Istimewa
Meski masih dalam masa percobaan dan penelitian terus berlanjut, tapi para ilmuwan ini berharap bahwa robot ini bisa membantu orang-orang yang memiliki kekurangan, untuk makan sendiri tanpa bergantung dengan orang lain.

"Tujuan utama kami membuat robot ini, agar orang-orang bisa menikmati makan siang dan makan malam tanpa bantuan orang lain. Dengan bantuan robot, para perawat bisa menyiapkan makanan, lalu mereka bisa melakukan tugas yang lain, selama pasien disuapi dengan robot ADA ini," pungkas Srinivasa.

Sebelumnya para ilmuwan dari Exertion Games Lab di RMIT University, di Australia. Menciptakan robot tangan bernama 'Arm-A-Dine', yang berguna membantu sang pengguna untuk mengambil makanan ke piring mereka, hingga menyuapinya.

Baca Juga: Canggih! Tangan Robot Ini Bisa Suapi Makanan Secara Otomatis (sob/odi)