Keren! Dalam 1 Jam Robot Ini Bisa Bikin Ratusan Sushi dan Ribuan Bola Nasi

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 28 Mar 2019 11:22 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Teknologi di bidang robot semakin berkembang pesat. Kini hadir robot canggih, yang bisa membuat ribuan makanan dalam waktu satu jam saja.

Sushi dan makanan Jepang lainnya, jadi salah satu makanan yang dekat dengan teknologi canggih. Setelah sebelumnya ada mesin sushi 3D, yang dapat mencetak sushi sesuai kebutuhan nutrisi setiap orang.

Baca Juga: Perusahaan Ini Ciptakan Mesin 3D untuk Cetak Sushi Sesuai Kebutuhan Nutrisi
Keren! Dalam 1 Jam Robot Ini Bisa Bikin Ratusan Sushi dan Ribuan Bola NasiFoto: Istimewa
Kini hadir robot yang bisa membuat 200 sushi, dan 2,400 bola nasi nigiri dalam waktu satu jam. Dikabarkan Daily Mail UK (26/03), mesin robot bernama AUTEC ini tidak membutuhkan latihan, atau belajar selama bertahun-tahun agar mahir membuat sushi.

Diproduksi oleh perusahaan teknologi Monk Conveyors di Inggris, robot AUTEC ini dirancang untuk membuat ratusan sushi per jamnya. Selain itu, robot ini didesain untuk membuat beberapa makanan khas Jepang. Salah satunya bola nasi atau nigiri.

Untuk membuat bola-bola nasi, mesin ini punya wadah yang berputar sehingga memudahkan pembuatan. Uniknya, robot ini juga bisa menambahkan bahan lainnya, seperti sayuran, sashimori, hingga nori. Setelah itu mesin dengan otomatis membungkus nasi, lalu dipotong sebelum disajikan.
Keren! Dalam 1 Jam Robot Ini Bisa Bikin Ratusan Sushi dan Ribuan Bola NasiFoto: Istimewa
Robot AUTEC dibuat untuk bekerja berdampingan bersama chef di kafe atau restoran. Robot ini baru tersedia di Inggris saja, tapi bisa dikirim ke Jepang dalam waktu 2-8 minggu.

Selain lebih praktis dan ringkas, Monk Conveyors merasa bahwa sistem di robot ini bisa membantu para pengusaha restoran, untuk menghemat biaya dan bekerja lebih efektif.
Keren! Dalam 1 Jam Robot Ini Bisa Bikin Ratusan Sushi dan Ribuan Bola NasiFoto: Istimewa

Inovasi robot memang dekat dengan makanan. Sebelumnya para ilmuwan baru saja menciptakan robot berbentuk tangan. Khusus didesain untuk membantu orang makan secara otomatis hingga mereka kenyang.

Teknologi robot tangan ini diberi nama 'Arm-A-Dine', yang dipasang melingkari dada seseorang sehingga berkerja sebagai tangan ketiga dari pengguna robot ini. Fungsinya tangan-tangan robot ini akan membantu sang pengguna untuk mengambil makanan ke piring mereka, hingga menyuapinya.

Baca Juga: Canggih! Tangan Robot Ini Bisa Suapi Makanan Secara Otomatis sss



Tonton juga video Robot Musisi Ini 'Ngamen' di MWC 2019:

[Gambas:Video 20detik]


Keren! Dalam 1 Jam Robot Ini Bisa Bikin Ratusan Sushi dan Ribuan Bola Nasi
(sob/odi)