Bisa Belanja Sambil Wisata Kuliner di 5 Pasar Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 06 Jan 2019 07:05 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Libur tak harus melulu jalan-jalan ke mall. Sesekali kamu bisa berbelanja sambil menikamati wisata kuliner di pasar.

Di Jakarta ada beberapa pasar yang populer seperti Pasar Santa, Pasar Mayestik, Pasar Lama Tangerang, Pasar Baru hingga Pasar Modern BSD. Di sini tidak hanya ada jajan camilan tapi juga aneka kopi Indonesia, donat serta sate. Yuk, lihat ada apa saja!

1. Pasar Santa

Bisa Belanja Sambil Berwisata Kuliner di 5 Pasar IniFoto: Detikfood

Pasar Santa Jakarta Selatan sempat menjadi tempat hangout anak gaul Jakarta. Meskipun sudah mulai sepi kembali, akan tetapi makanan enak tetap ada di sini. Salah satu yang bisa dicoba adalah Animo Bread Culture, Donat Gemes, Gayobies Kopi, Selatan Jakarta hingga Toko Kopi Tuku.

Untuk makanan yang bikin kenyang bisa coba Koka Sikka Sei Sapi. Tempat makan ini menjual ragam se'i sapi dengan aneka rasa mulai dari sambal matah, acruak, lu'at hingga platter. Selain itu, ada juga se'i ayam dengan paduan sambal yang berbeda.

Di area luar Pasar Santa juga terdapat kafe dan tempat makan yang punya sajian enak. Sebut saja Cliq Coffee yang jaraknya hanya beberapa meter dari Pasar Santa ini punya tempat yang Instagramable dan juga makanan enak. Dan kalau mau menikmati ayam bakar, bisa langsung ke Ayam Bakar Kambal yang punya rasa gurih serta sambal yang mantap!

Baca juga: Cliq Coffee: Rasa Eksotik Cake Klepon dan Cafe Mocha Hangat

2. Pasar Mayestik

Bisa Belanja Sambil Berwisata Kuliner di 5 Pasar IniFoto: Detikfood

Terkenal dengan ragam toko kain yang sudah dikenal seantero Jabodetabek, Mayestik juga miliki jajanan enak. Sebut saja Bakmi Boy yang legendaris di Pasar Mayestik atau Sate H. Sulaiman yang terkenal enak. Kalau mau menikmati sate H. Sulaiman yang berada di samping toko sepatu Bata ini tersedia sate kambing dan juga ayam. Bumbu kacang yang gurih makin enak dinikmati bersama dengan lontong.

Selain itu di sepanjang pasar bejajar jajanan gerobak enak yang bisa kamu cicip setiap hari. Mulai dari penjual es cincau, kue cubit, laba-laba, cilok hingga rujak yang nikmat.

Baca juga: Gurih Sedap Bakmi Boy yang Legendaris di Pasar Mayestik

3. Pasar Lama Tangerang

Bisa Belanja Sambil Berwisata Kuliner di 5 Pasar IniFoto: Dok. detikFood


Pasar Lama memiliki banyak kuliner enak. Kalau kamu sedang melewati atau mampir ke Tangerang coba sempatkan untuk datang ke sini. Ada Sate Ayam H. Ishak, Roti Cane India, Es Bu Tin, Bakso Mas Gino, Bakmi Ayam Pasar Lama hingga Nasi Uduk dan Ketupat Sayur Encim Sukaria.

Selain makanan berat, ada juga jajanan yang bisa kamu nikmati di sore hari yaitu telur gulung. Telur gulung Inez yang dijual dengan harga Rp 2.000 bisa jadi camilan enak lho. Setiap hari banyak orang antre untuk mencicip sajian telur gulung ini.

4. Pasar Baru

Bisa Belanja Sambil Berwisata Kuliner di 5 Pasar IniFoto: detikFood


Pasar Baru yang berlokasi di Sawah Besar, Jakarta Pusat ini punya banyak ragam kuliner. Salah satunya adalah Bakmie Aboen non halal yang banyak diburu hingga bakso rusuk samanhudi. Berada tak jauh dari Pasar Baru, seporsi bakso dengan tambahan rusuk enak juga dinikmati dengan paduan sambal yang pedas. Pilihannya ada bakso rusuk, telur dan mie ayam bakso. Nyam!

Baca juga: Bakso Rusuk Samanhudi: Kenyal Gurih Bakso dengan Paduan Iga yang Mantap

5. Pasar Modern BSD

Bisa Belanja Sambil Berwisata Kuliner di 5 Pasar IniFoto: dok. detikFood


Di pasar yang berlokasi di Tangerang Selatan memang memiliki kuliner yang enak-enak. Selain bisa berbelanja aneka bahan makanan segar untuk stok di rumah, kamu juga bisa bersantai di warung kopi Kong Djie, Roti Nougat hingga jajan aneka sarapan seperti pecel dan soto.

Bagi pencinta kopi bisa langsung mampir ke Rosso dan Kong Djie. Keduanya memiliki rasa kopi yang nikmat dengan aneka camilan yang menggoda. Selain itu, ada juga jajanan seperti cakwe, combro serta aneka jajanan gorengan dan jajanan pasar.

Baca juga: Murah dan Sedep! Soto Kwali Daging dan Ayam Kampung Khas Solo (lus/odi)