Sarapan Tradisional

Murah dan Sedep! Soto Kwali Daging dan Ayam Kampung Khas Solo

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 30 Nov 2018 12:58 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Sarapan Tradisional
Jakarta - Ada banyak menu soto untuk sarapan di berbagai daerah Indonesia. Dari Solo, soto kwali dengan suwiran daging dan ayam kampung patut dicoba!

Bukan hanya soto Kudus dan soto Semarang yang enak dari Jawa Tengah, Solo juga punya soto khas bernama soto kwali. Disebut soto kwali karena soto ini memakai kaldu yang dimasak di kwali alias panci tanah liat yang besar.

Pemakaian kwali bukan tanpa alasan. Konon resapan bumbu soto dan kaldu akan menyatu dalam pori-pori tanah liat kwali sehingga memberikan rasa sedap pada soto yang makin lama makin enak.

Murah dan Sedep! Soto Kwali Daging dan Ayam Kampung Khas SoloKwali untuk menyimpan kuah soto (Foto: dok. detikFood)

Baca Juga: Gurih Alami Soto Kuali Pak Di yang Jadi Klangenan Pak Harto

Racikan soto kwali bisa memakai irisan daging sapi atau suwiran ayam kampung sebagai 'primadonanya.' Bahan lainnya ada tauge rebus, daun bawang, bawang putih goreng dan bawang merah goreng. Bisa dinikmati polos atau dicampur dengan nasi putih.

Mirip soto Kudus, soto kwali juga punya lauk pelengkap sebagai 'teman' makan soto. Mulai dari sate telur puyuh, paru, kerang, hingga ati ampela ayam kampung.

Di Solo, soto kwali banyak dicari sebagai menu sarapan. Seporsi soto dengan porsi mungil ini banyak dijajakan di kaki lima atau rumah makan dengan harga murah meriah.

Murah dan Sedep! Soto Kwali Daging dan Ayam Kampung Khas SoloRacikan soto kwali terdiri dari suwiran daging atau ayam kampung (Foto: dok. detikFood)

Tak perlu jauh-jauh ke Solo, di Pasar Modern BSD juga ada penjaja soto kwali enak. Namanya Soto Kwali Semar yang menempati sebuah ruko di Pintu Barat sejak tahun 2008.

Menu utama di sini adalah soto kwali daging sapi dan ayam kampung. Harganya Rp 13.000 untuk semangkuk soto kwali polos dan Rp 15.000 untuk soto kwali campur nasi.

Kuah soto kwali di sini ada dua jenis, dibedakan berdasarkan jenis pesanan pengunjung. Kuah kaldu daging untuk soto kwali daging dan kuah kaldu ayam kampung untuk soto kwali ayam kampung.

Murah dan Sedep! Soto Kwali Daging dan Ayam Kampung Khas SoloSoto kwali daging dan ayam kampung di Soto Kwali Semar (Foto: dok. detikFood)

Kedua kuah ini terasa gurih segar. Sepertinya diracik dari aneka rempah seperti serai, lengkuas, daun salam, hingga jahe. Suwiran daging sapi dan ayam kampungnya begitu empuk, berpadu enak dengan lembutnya tauge rebus.

Soto Kwali Semar buka sejak pukul 7 pagi. Selain soto kwali, rumah makan ini juga punya menu khas Jawa lain seperti nasi gudeg, nasi liwet dan nasi pecel. Tak ketinggalan jajan pasar seperti lupis dengan taburan kelapa muda dan siraman saus gula merah yang legit.

Baca Juga: Soto Triwindu: Menebus Rindu dengan Semangkuk Soto Daging dan Mendol Tempe

(adr/odi)
FOKUS BERITA Sarapan Tradisional