Bakso Rusuk Samanhudi: Kenyal Gurih Bakso dengan Paduan Iga yang Mantap

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 30 Agu 2016 12:14 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Ngidam bakso berkuah hangat dengan paduan iga? Kedai ini bisa jadi pilihan tepat. Semangkuk bakso kenyal, enak disantap dengan iga sapi yang berbalut daging lembut. Sluurp!

Penasaran dengan beberapa postingan teman di kedai ini. Kamipun langsung berkunjung ke Bakso Rusuk Samanhudi yang berada di daerah Pasar Baru, tepatnya di Jl. Samanhudi. Akan tetapi masyarakat lebih mengenal dengan nama Bakso Rusuk Gajah Mungkur.

Berada persis di sebelah kantor Commonwealth dari sebrang sudah terlihat banyak pengunjung yang sedang menikmati bakso di tempat ini. Berada dibangunan berlantai dua, pada bagian bawahnya digunakan sebagai area makan dan juga gerobak tempat meracik bakso.

Dengan susunan meja dan bangku plastik yang rapih, Anda bisa cukup nyaman menikmati bakso di sini.

Tak banyak menu yang ditawarkan, karena kedai ini hanya menyediakan aneka bakso, mie ayam serta aneka es yang segar. Terdapat pilihan menu bakso seperti bakso urat, bakso telur, bakso urat, bakso jumbo dan mie ayam.

Sedangkan pilihan minumannya juga beragam yaitu es duren kopyor, es campur, es alpukat serta es kelapa.

Akhirnya kami menjatuhkan pilihan pada seporsi Bakso Urat + Rusuk (Rp 40.000), Bakso Telur (Rp 12.000) dan Mie Ayam Bakso (Rp 19.000).

Seporsi bakso urat, telur dan rusuk akhirnya mendarat di meja kami. Hmm, aroma gurih kaldunya sangat nikmat. Tak sabar untuk mencicip!

Tidak dicampurkan ke dalam bakso. Rusuk atau iga sapi justru disajikan dengan pelengkap kuah dan mangkuk terpisah. Kami mencoba kuahnya terlebih dahulu sebelum menambahkan racikan lain. Kuahnya bening berjejak sedikit minyak. Seruputan pertama menghasilkan jejak rasa kaldu sapi plus bawang putih serta sedikit lada.

Bakso uratnya memiliki warna abu-abu pucat dengan keratan yang mekar. Permukaannya tidak mulus karena baksonya diberi campuran cincangan urat sapi. Walaupun tidak diberi isian cincangan daging, akan tetapi rasa baksonya gurih dengan tekstur yang kenyal.

Sedangkan bakso telurnya berbentuk bulat. Seperti biasa, satu buah telur ayam rebus utuh dibalut dengan adonan bakso yang agak tipis dengan tekstur yang lebih lembut.

Dua buah bakso kecil yang jadi tambahannya juga tak kalah enak. Terasa kenyal lembut dan nikmat. Nyam!

Makin enak disantap dengan tambahan bihun, mie kuning, tauge dan potongan sawi hijau. Ditambah dengan taburan bawang seledri dan bawang goreng. Mantap!

Tidak hanya baksonya yang kenyal lembut, jangan lupa untuk mencicip iga sapi yang jadi andalan kedai bakso ini. Ada dua buah rusuk yang disajikan dalam mangkuk terpisah. Potongan tulang rusuknya tidak terlalu besar, sekitar 10 cm, dengan balutan daging yang lembut lengkap dengan lemak.

Nampaknya rusuk inilah yang membuat kedai ini ramai dikunjungi para penggemar bakso. Bagaimana tidak, dagingnya sangat empuk dengan selipan lemak yang lembut saat dikunyah. Enak dipadu dengan kuah kaldu hangat lengkap dengan irisan daun bawang dan bawang goreng. Dijamin ketagihan!

Menu selanjutnya adalah mie ayam bakso. Sajian mie bergelombang yang agak pipih ini dilengkapi dengan potongan daging ayam berbumbu kecokelatan, sawi hijau dan dua buah bakso polos ukuran kecil.

Kuah mie ayamnya disajikan terpisah dengan warna bening kecokelatan dengan sebaran minyak tipis. Porsi mienya cukup besar hampir memenuhi mangkuk berlogo ayam berukuran sedang.

Mienya bertekstur kenyal mulur dan enak disantap dengan topping potongan ayam dengan racikan bumbu kecap berwarna cokelat yang manis gurih. Terjejak semburat bawang putih dan kecap yang harum dengan sedikit minyak berwarna kuning kecokelatan pada mie ayam. Enak dipadukan dengan bakso yang lembut kenyal.

Setelah puas menyantap bakso dan mie ayam yang kami racik pedas gurih, kami menutupnya dengan es campur (Rp 15.000) dengan aneka isian. Ada kerokan buah alpukat lembut, cincau hitam, tape dan serutan kelapa muda dengan topping serutan es dan siraman sirop merah yang manis dingin.


Selain di Pasar Baru, Bakso Rusuk ini juga memiliki cabang di kawasan Mangga Dua Square. Untuk menikmati kelezatan bakso rusuk ini, Anda tak perlu khawatir kehabisan. Pasalnya kedai ini buka hingga 24 jam. Selamat mencoba!

Bakso Rusuk Gajah Mungkur (Samanhudi)
Jl. Samanhudi No. 18D
Telp: 0812991703970 (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com