Selain Foto Makanan di Instagram, 7 Hal Ini Bisa Memicu Rasa Lapar

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 08 Okt 2018 17:25 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Pernah merasa lapar banget saat melihat foto makanan di Instagram, kurang tidur atau saat menstruasi, padahal baru saja makan? Ternyata ini penyebabnya.

Rasa lapar sangatlah mengganggu. Rasa lapar bisa menyerang kondisi psikologis seseorang. Tak heran kalau saat lapar, orang cenderung mudah emosi. Ini karena lapar mempengaruhi mood seseorang.

Ada banyak faktor yang membuat perut lapar. Mulai dari overdosis junk food, kurang tidur, kelebihan tidur hingga berselancar di Instagram. Berikut 8 faktor yang membuat Anda lapar meski sudah kenyang menurut para ahli seperti dilaporkan The Sun (4/10).

1. Foto makanan di Instagram

Selain Foto Makanan di Instagram, 7 Hal Ini Bisa Memicu Rasa LaparFoto: iStock
Foto makanan jadi foto paling populer di Instagram. Ada lebih dari 294 juta foto bertagar makanan yang diunggah orang di berbagai negara. Para peneliti dari Mac Planck Institute of Psychiatry menemukan bahwa hormon lapar, grehlin memicu selera makan dalam tubuh. Hormon tersebut meningkat dalam aliran darah begitu Anda melihat foto makanan, baik saat Anda lapar atau pun kenyang.

"Makanan seperti cokelat memicu sinyal kebahagiaan di dalam otak meskipun Anda hanya melihat gambarnya," jelas Helen Bond, seorang ahli diet. Hal yang serupa juga dirasakan tubuh saat Anda menonton program masak dalam televisi.

2. Makan bareng teman

Selain Foto Makanan di Instagram, 7 Hal Ini Bisa Memicu Rasa LaparFoto: iStock
Makanan yang dipilih oleh teman dekat Anda mempengaruhi berat badan Anda. Ini karena saat ia melahap biskuit, Anda juga akan ikut melahapnya. Peneliti di Hardvard Medical School memantau berat badan sebanyak lebih dari 12.000 orang yang berteman dan menjalin relasi selama 30 tahun. Hasilnya, saat seseorang mengalami kenaikan berat badan, sahabatnya juga mengalami hal yang sama lantaran melahap menu yang serupa.

Hal ini juga disebutkan oleh Professor Nicholas Christakis, penulis buku Connected: The Surprising Power of Our Social Networks and How They Shape Our Lives. "Anda mengubah ide Anda mengenai bentuk tubuh yang dapat diterima dengan melihat orang di sekitar Anda," jelasnya.

3. Makan terlalu cepat

Selain Foto Makanan di Instagram, 7 Hal Ini Bisa Memicu Rasa LaparFoto: iStock
Otak tak menerima sinyal perut kenyang jika Anda makan dalam waktu yang cepat. "Butuh waktu sekitar 20 menit bagi otak Anda untuk menyadari kalau Anda sudah kenyang dan dalam waktu itu Anda bisa melahap makanan dalam jumlah banyak," jelas Helen.

Makan terlalu cepat juga membuat tubuh melepas hormon lain seperti leptin. Padahal hormon itulah yang memberitahu kalau tubuh sudah kenyang seperti hasil penelitian yang ditulis dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism.

Baca juga:Ini Bedanya Makan Karena Lapar dan Ngidam Makanan

4. Kurang tidur

Menurut para peneliti, grehlin tubuh akan meningkat saat tubuh kurang tidur. Grehlin sangat memperngaruhi rasa lapar. Sebuah studi yang dipublikasi dalam Journal of Sleep Research coba membandingkan rasa lapar dua kelompok. Satu kelompok tidur dalam waktu normal, sedangkan satu lainnya punya waktu tidur 80 menit lebih sedikit selama seminggu.

Setelahnya, semua orang diperkenankan untuk melahap makanan sbeanyak yang mereka mau. Rata-rata, kelompok yang tidur dalam waktu lebih sedikit melahap ekstra kalori harian sebanyak 549 kalori. Wanita yang lelah juga makan lebih banyak. Ini terjadi karena tubuh butuh energi lebih saat kurang tidur.

5. Makanan prasmanan

Selain Foto Makanan di Instagram, 7 Hal Ini Bisa Memicu Rasa LaparFoto: Istimewa
Para peneliti di Universitas Buffalo Amerika menemukan fakta bahwa orang makan 10% makanan lebih banyak saat makan prasmanan. "Ketika Anda dihadapkan dengan semua makanan prasmanan, Anda cenderung makan lebih banyak dari biasanya jika Anda melahap lima makanan utama," jelas Helen. Karenanya Helen menyarankan agar menghindari restorna all you can eat atau prasmanan jika tak ingin berat badan naik.

6. Cinta junk food

Junk food turunkan tekanan darah dalam tubuh. Makanan olahan seperti pizza dan lainnya berubah menjadi glukosa saat dicerna tubuh. Sehingga begitu Anda bangun, glukosa tadi mengirim sinyak ke otak dan Anda akan merasa lapar lagi.

'Protein menstimulasi sel-sel (sensor dalam usus) lebih kuat dibanding karbohidrat, itulah sebabnya mengapa jauh lebih sulit melahap dua kilo steak. Anda perlu memasukkan protein dalam menu makan agar otak lebih cepat menangkap sinyal bahwa tubuh kenyang," jelas Stephen O'Rahilly, Professor of Chemical Biochemistry and Medicine di University of Cambridge.

7. Dehidrasi

Anda mungkin saudah makan, tapi kalau tubuh Anda kekurangan cairan atau dehidrasi, tubuh akan salah menerima sinyal. Sehingga Anda akan merasa lapar. Padahal yang tubuh butuhkan hanyalah air. Ini karena hipotalamu, area yang mengatur nafsu makan bingung.

8. Mentsruasi

Selain Foto Makanan di Instagram, 7 Hal Ini Bisa Memicu Rasa LaparFoto: Thinkstock
Saat menstruasi, makanan manis terlihat sangat menggoda. Ini karena hormon progesteron meningkat di tubuh. Begitupun dengan hormon rasa lapar. "Progresteron membuat tekanan gula darah sensitif, Anda akan merasa lapar tiap tiga atau empat jam sekali. Melahap makanan dalam porsi kecil bisa mencegah ini, membuat gula dalam darah lebih stabil," jelas Gabrielle Lichterman ahli hormon wanita.

Baca juga: Yakin Udah Kenyang? Ini 7 Tanda Kalau Tubuh Sebenarnya Masih Lapar (dwa/odi)