Istimewa untuk Imlek

Dumpling Lambang Kekayaan yang Harus Disajikan di Tahun Baru

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 13 Feb 2018 18:50 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Istimewa untuk Imlek
Jakarta - Dumpling atau pangsit punya makna penting dalam makanan imlek. Sebagai simbol kekayaan atau rejeki yang diharapkan hadir di tahun baru.

Meskipun dumpling dalam bentuk pangsit sudah jadi menu sehari-hari, tetapi di malam tahun baru imlek saat bersantap, makanan ini harus selalu disajikan. Bentuk dumpling sangat beragam, demikian juga isiannya.

Kebanyakan orang membuat dumpling sendiri di rumah karena relatif mudah. Bahannya gampang didapat dan cara buatnya juga mudah. Jika Anda ingin membuat dumpling sendiri, beberapa hal ini perlu Anda ketahui. Agar dumpling tampilannya bagus dan rasaya enak.

Dumpling Lambang Kekayaan yang Harus Disajikan di Tahun BaruFoto: iStock

1. Kulit
Kulit pangsit bisa dibuat sendiri atau membeli dalam bentuk siap pakai. Di pasaran ada dua jenis. Ada yang untuk pangsit goreng dan ada juga yang untuk pangsit rebus. Selain itu juga ada yang bentuknya bundar dan ada yang segi empat. Pilih yang berkualitas bagus. Jika kulit dalam keadaan segar, bisa langsung dipakai. Tetapi jika dalam keadaan beku, biarkan dalam suhu ruangan hingga mudah dilepaskan lembarannya.

Dumpling Lambang Kekayaan yang Harus Disajikan di Tahun BaruFoto: iStock

2. Adonan isi
Adonan isi dumpling atau pangsit bisa berupa daging sapi cincang, daging ayam cincang atau daging babi cincang. Bisa dipadukan dua jenis daging. Bisa juga ditambahkan udang cincang. Untuk memberikan rasa renyah, biasanya ditambahkan rebung cincang halus, daun bawang cincang atau waterchetnut cincang. Yang tak boleh dipakai dalam dumpling tahun baru adalah kol. Karena berkonotasi pada kemiskinan.

Dumpling Lambang Kekayaan yang Harus Disajikan di Tahun BaruFoto: iStock

3. Bentuk
Bentuk dumpling yang tidak bulat tetapi ujungnya dilipat seperti 'perahu', mata uang logam China kuno merupakan bentuk terbaik. Meskipun tak dilarang membuat bentuk berbeda. Bisa berupa kantung, memakai kulit wonton bundar, isian ditaruh di tengah kemudian dirapatkan dan dipilin bagian atasnya mirip kantong uang.

Bisa juga dilia dua kemudian ujung-ujungnya dipertemukan. Atau berbentuk bundar dengan pilinan di kelilingnya. Konon jumlah pilinan sebaiknya angka yang bagus, 8 atau 9. Agar mendatangkan banyak kebaikan di tahun baru.

Dumpling Lambang Kekayaan yang Harus Disajikan di Tahun BaruFoto: detikfood

4. Dikukus, digoreng atau diberi kaldu
Dumpling atau wonton atau pangsit bisa dikukus atau digoreng. Umumnya disajikan dengan kecap asin, saus cabe atau mayonnaise. Tetapi ada juga yang disajikan sebagai sup. Diberi kaldu berbumbu dengan sawi atau bokchoy sebagai isiannya. Sebaiknya dumpling disajikan dan dinikmati selagi masih hangat.

Dumpling Lambang Kekayaan yang Harus Disajikan di Tahun BaruFoto: detikfood

5. Doa sebelum menyantap
Sebelum menyantap dumpling di hari raya imlek, umumnya orang China mengucapkan doa Zhāo cái jìn bǎo - untuk kekayaan dan kelimpahan di tahun yang baru.

Jika Anda ingin membuat pangsit, bisa melihat resep Pangsit Udang, Pangsit Sayuran, Deep Fried Crispy Wonton atau Fried Wonton Crab and Prawn. (odi/odi)
FOKUS BERITA Istimewa untuk Imlek