Agar Budget Bulanan untuk Makanan Tak Bengkak, Ini 5 Trik Jitu untuk Menyiasati

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 06 Feb 2018 13:10 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Jika dihitung per tahun, anggaran makan bisa jadi sama besarnya dengan anggaran cicilan rumah. Kalau ingin menguranginya, siasati dengan trik jitu ini.

Anda punya resolusi menabung? Cobalah mulai memeriksa budget makanan bulanan Anda. Pembagian anggaran dengan sistem 50/30/20 dinilai baik. Sebesar 50 persen pendapatan dihabiskan untuk kebutuhan pokok, 30 persen untuk berbelanja barang, dan 20 persen untuk menabung, lapor Huffington Post (4/1).

Angka 50 persen dalam anggaran kebutuhan pokok tidak lepas dari anggaran makan bulanan. Angka itu bisa ditekan dengan cara menghemat biaya makan.Siasati dengan 5 cara ini.

1. Bayar pakai uang tunai

Agar Budget Bulanan untuk Makanan Tak Bengkak, Ini 5 Trik Jitu untuk MenyiasatiFoto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance
Sebuah penelitian menemukan kalau orang yang membayar belanjaannya dengan tunai, menghabiskan 12 - 18 persen biaya lebih rendah dibanding membayar dengan kartu kredit. McDonald's melaporkan jika pelanggan yang menyiapkan uang tunai membayar sebesar $4.50 (Rp 61.000) sedangkan yang menggunakan kartu kredit membayar sebesar $7 (Rp 95.000).

Sebaiknya tinggalkan kartu kredit di rumah. Gunakan kartu 'sakti' itu untuk keperluan lain. Lebih baik bawa uang tunai ke pasar swalayan atau ke restoran.

Ada alasan dibalik hal ini. Uang tunai bisa Anda lihat dan pegang. Anda bisa melihat berkurangnya uang di tangan Anda saat berbelanja. Jadi, Anda akan lebih berhati-hati menggunakan uang yang ada.

2. Jangan berlebihan saat belanja

Agar Budget Bulanan untuk Makanan Tak Bengkak, Ini 5 Trik Jitu untuk MenyiasatiFoto: iStock
Masyarakat di Amerika rata-rata tidak memakan 20% makanan yang dibelinya. Bahkan setiap keluarga yang ada di sana membuang makanan seharga $ 2200 atau sekitar 29 juta rupiah per tahunnya berdasarkan keterangan National Resources Defense Council (NRDC). NRDC merupakan sebuah kelompok advokasi lingkungan.

Buah dan sayur adalah bahan makanan yang sering terbuang begitu saja. Oleh karena itu, Anda harus memilah kedua bahan ini dengan baik. Jangan terlalu lama menyimpannya di dalam kulkas. Lebih cepat dikonsumsi, akan lebih baik. Karena kedua bahan tersebut gampang layu dan busuk. Kuncinya, rencanakan dulu semua buah dan sayur yang ingin dibeli.

Baca Juga: Ini Cara Belanja Hemat Tetapi Menu Makanan Tetap Bernutrisi

3. Berbagi makanan

Agar Budget Bulanan untuk Makanan Tak Bengkak, Ini 5 Trik Jitu untuk MenyiasatiFoto: iStock
Bedasarkan laporan Bureau of Labor Statistics, rata-rata keluarga di Amerika menghabiskan $ 3008 atau sekitar 40 juta rupiah per tahun hanya untuk makan malam bersama di luar. Sebenarnya jumlah itu bisa dikurangi. Asal tiap anggota keluarga saling berbagi lauk.

Saat ini banyak restoran yang menghidangkan lauk dengan porsi banyak. Ini sebenarnya menguntungkan pengunjung. Karena bisa saling berbagi lauk. Dengan demikian, pengeluaran Anda juga akan berkurang.

Atau jika ingin lebih hemat, jangan makan malam di luar. Makan malam bersama keluarga juga bisa dilakukan di rumah. Duduk dan melahap hidangan yang dimasak bersama juga menarik. Karena yang terpenting adalah nilai kebersamaan antar anggota keluarga, bukan tempat makannya.

4. Jangan sering makan di luar

Agar Budget Bulanan untuk Makanan Tak Bengkak, Ini 5 Trik Jitu untuk MenyiasatiFoto: iStock
Berdasarkan keterangan jasa keuangan Amerika bernam TheMotley Fool, banyak tempat makan yang menjual makanan 300% lebih besar dari harga bahan makanan aslinya. Jadi jika harga bahan makanannya Rp 10.000 akan dijual seharga Rp 30.000.

Keluarga yang menghabiskan uang sebesar 40 juta rupiah per tahun untuk makan malam di luar, sebenarnya hanya memakan makanan seharga 27 juta rupiah. Bayangkan jika Anda tidak makan di luar dan memasaknya sendiri di rumah. Anda bisa menghemat puluh juta rupiah.

Anda masih bisa makan di luar bersama keluarga dengan memanfaatkan kupon diskon atau promo lainnya. Setidaknya Anda tidak akan mengeluarkan uang banyak.

5. Kurangi pembelian makanan lewat layanan pesan antar

Agar Budget Bulanan untuk Makanan Tak Bengkak, Ini 5 Trik Jitu untuk MenyiasatiFoto: Thinkstock
Kini Anda bisa mendapat makanan yang dimau hanya dengan satu kali klik. Sudah banyak perusahaan transportasi online yang menyediakan jasa pesan antar. Anda hanya tinggal duduk manis, kurir akan datang membawa makanan untuk Anda.

Harga makanan yang tertera di aplikasi biasanya lebih mahal. Belum lagi jumlah uang tip untuk kurir yang sudah menunggu dan mengantarkan makanan Anda. Dilihat dari situ saja, Anda sudah mengeluarkan uang lebih banyak dari pada membeli langsung. Apalagi kalau Anda masak sendiri di rumah. Membawa pulang makanan karena malas masak juga menambah pengeluaran bulanan Anda.

Baca Juga: Peneliti Buktikan Masak Sendiri di Rumah, Selain Hemat Juga Menyehatkan (dwa/odi)