Sajian Lezat untuk Hari Raya

Orang Minang Makan Katupek Hingga Rendang Hitam Saat Lebaran

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 22 Jun 2017 19:04 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Tiap keluarga punya sajian lebaran khas sendiri. Untuk orang Minang tentu juga ada sajian masakan wajib yang selalu ada di meja. Katupek dan rendang tak boleh ketinggalan!

Setiap keluarga sudah pasti memiliki menu andalan saat hari raya. Salah satu menu lebaran yang populer dari Minang yaitu katupek komplet, rendang hitam hingga dendeng balado yang sedap.

Berbicara soal katupek atau ketupat, Minang selalu disantap bersama dengan gulai yang jadi pasangannya. Dikutip detikFood dari berbagai sumber, ini 5 makanan khas Minang yang tak pernah absen saat hari lebaran.

Baca juga: Inilah 12 Bentuk Ketupat Asli Indonesia

1. Katupek komplet

Katupek komplet khas Minang.Katupek komplet khas Minang. (Foto: Detikfood)

Ketupat dengan tekstur empuk selalu disantap dengan sajian berkuah dengan rasa gurih hangat. Agar rasanya semakin komplet, gulai paku tentu jadi pilihan tepat. Gulai ini dibuat dengan jenis tanaman pakis muda yang dimasak dengan santan. Rasa gurih karena dibuat dengan campuran bumbu seperti bumbu halus, daun kunyit, daun jeruk, cabai, lengkuas dan asam kandis.

Gulai pakis ini sangat enak dinikmati bersama dengan campuran telur rebus. Siram di atas ketupat dan lengkapi dengan sambal plus kerupuk merah muda khas Padang.

Katupek gulai paku ini menjadi makanan khas daerah Pariaman. Sicincin, desa diantara Padang dan Bukit Tinggi terkenal dengan sajian katupek gulai paku. Mau coba?

2. Gulai ayam

Gulai ayam khas Minang.Gulai ayam khas Minang. (Foto: iStock)

Kalau suka dengan sajian ayam, alternatif pilihan memasaknya bisa di bumbui gulai. Gulai ayam menjadi makanan sehari-hari yang selalu jadi menu andalan keluarga Minang. Warnanya oranye kemerahan dengan perpaduan bumbu yang gurih seperti daun jeruk, daun kunyit, asam kandung, kayu manis, serai, lengkuas, pala hingga kapulaga.

Dicampur dengan santan segar, potongan daging ayam yang dimasak hingga empuk terasa sedap. Gulai ayam sangat cocok dipadu dengan telur rebus, ketupat atau lontong.

Baca juga: Ini Cara Mengolah Gulai Ayam yang Harum Enak

3. Rendang hitam

Rendang hitam Minang.Rendang hitam Minang. (Foto: Thinkstock)

Kelezatan makanan ini sudah tak diragukan lagi. Daging sapi dimasak selama 7 jam menghasilkan rasa yang gurih. Potongan daging dicampur dengan racikan bumbu khas Minang dengan tambahan santan gurih. Selain daging sapi, rendang juga bisa dibuat dengan campuran ayam, paru, kentang, udang, telur, bebek dan ikan yang bisa jadi campurannya.

Agar aromanya semakin sedap, banyak juga pedagang rendang yang memasaknya dengan kayu bakar. Rendang tidak berkuah, sehingga cocok dipadu dengan ketupat plus siraman gulai pakis yang cocok dicampur jadi satu.

Mau tertarik membuat rendang di rumah? Anda bisa coba cara pembuatannya dengan lihat resep lengkapnya di sini.

4. Dendeng batokok

Dendeng batokok.Dendeng batokok. (Foto: detikfood)

Dendeng batokok merupakan masakan asli Minang yang berasal dari kata 'tokok' alias dipukul. Untuk menghasilkan tekstur yang lebih empuk, daging memang dipukul-pukul terlebih dahulu.

Sebelum dicampurkan dengan bumbu, terlebih dahulu daging dibakar di atas arang kelapa hingga matang. Setelah itu baru daging disirami lado mudo, bawang merah, garam serta dikucuri air jeruk nipis.

Semakin enak dipadu dengan nasi hangat atau ketupat plus gulai pakis enak untuk sajian ketupat komplet!

5. Soto padang

Soto Padang.Soto Padang. (Foto: detikfood)

Soto menjadi salah satu hidangan khas Sumatera Barat yang tidak bersantan. Soto Padang tidak hanya enak disantap dengan nasi tetapi juga dengan potongan ketupat yang empuk mengenyangkan. Kuah kaldu sapi yang gurih hangat semakin enak dipadukan dengan irisan daging sapi, keripik paru, bihun serta perkedel dan kerupuk merah muda.

Soto Padang cocok jadi menu pelengkap lebaran yang lebih rendah lemak karena tidak mengandung santan. Mau coba membuatnya? Anda bisa lihat resepnya di sini. (lus/odi)