Gurih Hangat! Bubur Ayam 'Abang-abang' Khas Indonesia Ada di Doha

ADVERTISEMENT

Gurih Hangat! Bubur Ayam 'Abang-abang' Khas Indonesia Ada di Doha

Lucas Aditya - detikFood
Sabtu, 26 Nov 2022 16:30 WIB
Gurih Hangat! Bubur Ayam Abang-abang Khas Indonesia Ada di Doha
Foto: Lucas Aditya
Doha -

Piala Dunia 2022 yang tengah berlangsung di Qatar begitu meriah. Kuliner di sekitarnya pun jadi sorotan. Kalau mau cicip masakan Indonesia, bisa mampir ke sini.

Saat berkunjung ke Doha, Qatar, detikers jangan takut bakal rindu masakan Indonesia. Bubur ayam 'abang-abang' yang kerap ditawarkan oleh penjual gerobak berkeliling atau kaki lima, ternyata ada di beberapa restoran.

Salah satu tempat makan yang menyajikan masakan Indonesia di Doha, Qatar, adalah restoran Central. Restoran ini sudah buka lebih dari 15 tahun.

Menu yang disajikan ada gulai, sop iga, sate kambing, nasi rames, kering tempe, lontong sayur, sampai bubur ayam. Harga yang dipatok cukup terjangkau, 6 riyal (Rp 25.000) untuk ayam goreng, 25 riyal (Rp 104.000) harga sate kambing, 17 riyal (70.900) untuk sop iga sapi, dan 12 riyal (Rp 50.000) harga bubur ayam.

Gurih Hangat! Bubur Ayam 'Abang-abang' Khas Indonesia Ada di DohaDeretan menu tradisional yang tersaji di Central Restaurant di Doha. Foto: Lucas Aditya

detikfood menjajal bubur ayam di Central. Dari tampilan, mirip dengan bubur yang dijual abang-abang pada pagi atau malam hari.

Toppingnya berupa suwiran ayam, kacang, dan daun bawang, lalu ditambah kuah kuning menjadi satu paket bubur di Central. Rasanya mirip dengan bubur ayam abang-abang, tapi dengan kuah kuning yang sedikit lebih encer.

Sayangnya di sini tidak ada pelengkap bubur ayam yang khas seperti sate usus, telur puyuh, atau hati-ampela. Jadi cukup menumpas lapar dengan semangkuk bubur saja.

Salah satu pegawai Central, Mulyadi, mengungkap bahwa restoran ini mempunyai harga terjangkau sehingga banyak diminati.

"Di Doha, ada beberapa masakan Indonesia. Central itu cukup terjangkau dan semua menunya dari Indonesia, tak ada dari negara lain," kata pria asal Solo itu kepada detikFood.

Gurih Hangat! Bubur Ayam 'Abang-abang' Khas Indonesia Ada di DohaCentral Restaurant bisa jadi tujuan warga Indonesia yang kangen menyanyap masakan tradisional. Foto: Lucas Aditya

"Selain WNI, restoran ini juga menjadi langganan orang Malaysia dan Filipina," kata dia menambahkan.

detikers yang berencana ke Doha, bisa mendatangi Central di kawasan Saeed bin Al Aas, Doha. Restoran ini buka dari pukul 8.00 pagi sampai pukul 21.00 waktu setempat.

Di situs TripAdvisor, Central Restaurant mendapat beberapa ulasan positif dari pengunjung. Mereka yang sudah pernah makan di sini menyebut menu yang ditawarkan beragam dan enak.

Harganya juga disebut sepadan dan kualitasnya baik. Suasana restoran juga bisa sedikit mengobati kerinduan akan Indonesia.



Simak Video "Santapan Ala Indonesia di Sudut Kota Doha"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT