Qatar Tuan Rumah World Cup 2022, Ini 5 Makanan Khasnya yang Lezat

ADVERTISEMENT

Qatar Tuan Rumah World Cup 2022, Ini 5 Makanan Khasnya yang Lezat

Yenny Mustika Sari - detikFood
Rabu, 23 Nov 2022 14:30 WIB
Makanan khas Qatar yang enak
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Qatar menjadi tuan rumah FIFA World Cup 2022 dan berhasil mencuri perhatian netizen. Tak hanya seputar sepak bola, tapi makanan khas Qatar juga menarik dibahas. Ada apa saja?

Qatar merupakan negara emirat di Timur Tengah yang letaknya di semenanjung kecil Jazirah Arab di Asia Barat. Negara ini juga tercatat memiliki pendapatan perkapita tertinggi di dunia, menurut data ekonomi dari World Bank.

Perhatian dunia kini berpusat ke Qatar sebagai tuan rumah FIFA World Cup 2022. Selain pertandingan sepak bola, Qatar juga memiliki beragam makanan khas yang lezat rasanya. Paduan rasa dan jenisnya mendapat pengaruh dari makanan Timur Tengah.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Dimulai, Harga Makanan Mahal Jadi Sorotan

Dilansir dari Midle East Eye (20/10/2022), berikut 5 makanan khas Qatar yang lezat:

1. Machboos

Makanan khas Qatar yang enakMakanan khas Qatar yang enak Foto: Getty Images/iStockphoto

Machboos merupakan nasi biryani khas Qatar. Hidangan ini juga populer di negara lain, seperti Bahrain, Kuwait, dan UEA, dengan variasi hidangan yang berbeda.

Hidangan ini terbuat dari nasi basmati yang dimasak dengan kaldu serta daging panggang. Biasanya menggunakan daging ayam, domba, ikan, hingga unta.

Aneka rempah ditambahkan agar machboos lebih aromatik, seperti jintan, ketumbar, jahe, kayu kanis, kunyit, lada hitam, dan loomi atau jeruk nipis kering berwarna hitam. Penyajiannya juga unik, karena disiram air lemon.

2. Khubs rgag

Makanan khas Qatar yang enakMakanan khas Qatar yang enak Foto: Getty Images/iStockphoto

Qatar juga memiliki hidangan roti mirip dengan negara Timur Tengah lainnya. Yaitu khubs rgag, roti tipis terbuat dari tepung terigu, air, dan garam. Adonan diuleni kemudian digulung menjadu bulatan dan dipanaskan secara tradisional di atas bara.

Roti garing ini, teksturnya mirip dengan roti dosa. Khubz rgag ini banyak ditawarkan sebagai jajanan kaki lima. Beberapa penjual menyajikannya dengan keju dan selai Nutella. Ada juga penjual khubs rgag yang menyajikan roti ini dengan telur.

Baca Juga: Rishi Sunak, PM Inggris yang Doyan Sarapan di McDonald's



Simak Video "Santapan Ala Indonesia di Sudut Kota Doha"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT