ADVERTISEMENT

Berita Terpopuler

Rijsttafel Jadi Warisan Budaya dan Konten DEBM Dihujat Netizen

Tim detikfood - detikFood
Senin, 21 Nov 2022 09:31 WIB
Resep DEBM nyeleneh, mentega dicuci air
Foto: TikTok @resep_debm
Jakarta -

Rijsttafel Indonesia resmi ditetapkan menjadi warisan budaya takbenda Belanda. Ada juga makanan tertua di dunia dan konten DEBM yang dihujat netizen.

Rijsttafel berkembang di Indonesia sejak abad ke-19. Gaya makan yang menyediakan banyak lauk pada wadah-wadah terpisah dan ramai di atas meja ini diperkenalkan pertama kali oleh orang Belanda yang datang ke Indonesia. Akhirnya rijsttafel kini resmi ditetapkan menjadi warisan budaya takbenda.

Tidak hanya barang antik atau bangunan kuno yang bisa menjadi peninggalan tertua, makanan juga ada yang disebut sebagai tertua di dunia. Resep yang sudah berkembang sejak zaman nenek moyang dipertahankan dari generasi ke generasi dan berhasil bertahan. Makanan-makanan favorit banyak orang ini ternyata termasuk makanan tertua di dunia.

Akun TikTok @resep_debm selalu berhasil menarik perhatian netizen dengan resep-resepnya yang nyeleneh. Beberapa tips memasak yang didemokan memancing emosi netizen. Kali ini, akun @resep_debm dikritik oleh netizen karena dinilai melakukan hal mubazir.

Berikut ini berita terpopuler detikfood yang menarik perhatian pembaca kemarin (20/11):

Rijsttafel IndonesiaRijsttafel Indonesia Foto: iStock

1. Rijsttafel ditetapkan menjadi warisan budaya takbenda

Rijsttafel dalam bahasa Belanda berarti 'meja nasi'. Istilah ini digunakan untuk menyebut penyajian makanan dengan cara menyajikan nasi dan berbagai lauk pauk secara berurutan pada wadah yang terpisah satu sama sama lain.

Rijsttafel di Indonesia sendiri pertama kali dikenalkan oleh orang Belanda yang datang dan menetap di Indonesia pada abad ke-19. Menu-menu yang disajikan pun berupa menu khas Indonesia seperti rendang, ikan pedis, tahu kecap, sambal goreng telor, sambal kacang goreng dan rujak.

Kini rijsttafel Indonesia akhirnya diresmikan menjadi warisan budaya takbenda Belanda. Yayasan Inventarisasi Warisan Budaya Takbenda Belanda menyebut budaya kuliner ini adalah peninggalan budaya sosial Hindia Belanda yang bernilai tinggi.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT