Video Masak DEBM Dihujat Netizen karena Dianggap Mubazir

ADVERTISEMENT

Video Masak DEBM Dihujat Netizen karena Dianggap Mubazir

Riska Fitria - detikFood
Minggu, 20 Nov 2022 11:29 WIB
Resep DEBM nyeleneh, mentega dicuci air
Foto: TikTok @resep_debm
Jakarta -

Video memasak DEBM ramai dikritik netizen. Banyak netizen yang menilai bahwa cara memasaknya mubazir, buang-buang makanan hingga tak hemat gas.

Akun TikTok @resep_debm belakangan ini sering mengunggah video resep memasak yang membuat netizen kesal. Bagaimana tidak, langkah-langkah yang diberikan terkesan tak berguna.

Awalnya video memasak tersebut dianggap menghibur oleh netizen, tetapi kini tak sedikit yang menilainya mubazir. Itu karena metode memasaknya diduga membuang-buang makanan.

Seperti salah satu videonya yang memperlihatkan mencuci mentega menggunakan air. Dalam video tersebut, kreator memasukkan mentega ke dalam wadah. Kemudian wadah itu dikucuri air sambil diaduk.

Baca Juga: Tentang Diet DEBM, Makanan Pantangan, dan Dianjurkan

Resep DEBM nyeleneh, mentega dicuci airResep DEBM nyeleneh. Foto: TikTok @resep_debm

Dari video itulah, ramai netizen menilai bahwa itu akan membuang-buang makanan. Sebab tidak pernah ada metode untuk melembutkan mentega dengan cara dicuci menggunakan air.

Karenanya netizen menduga bahwa mentega itu pada akhirnya akan dibuang begitu saja. Tak hanya itu, ada juga metode merebus es batu untuk mendapatkan air.

Nah, air dari lelehan es batu itu nantinya akan digunakan untuk merebus bahan makanan. Netizen menilai metode ini juga mubazir karena tidak hemat dalam penggunaan gas.

Dalam videonya, kreator itu mengatakan bahwa alasannya merebus es batu karena di rumahnya tidak ada air. Meskipun sebenarnya alasan tersebut hanya candaan.

Baca Juga: Tutorial Masak 'Unfaedah' Ini Sukses Bikin Netizen Emosi

Resep DEBM nyeleneh, mentega dicuci airResep DEBM nyeleneh, mentega dicuci air. Foto: TikTok @resep_debm

Akun resep DEBM itu pun ramai dikomentari netizen usai dibahas melalui akun TikTok @tanyakanrl. Ada netizen yang merasa terhibur dan ada pula netizen yang dibuat kesal dengan video resepnya.

"Kata gue sih ini hiburan ya," tulis netizen.

"Jujur, aku juga ngereport akun DEBM. Bukan cuma perkara masaknya yang bikin emosi, tapi caranya dia gak bersyukur sama bahan makanan dengan cara ngebuang-buang itu ngeselin. Dia kayaknya gak ngerasain betapa berharganya bahan makanan itu buat mereka yang susah makan," tulis netizen lainnya.

"Lagian DEB, ini lebih ke entertainment, bukan akun edukasi. Aku masih belum nemu dia buang makanan di mananya? Mentega 2 kilogram dipakai emang terlalu banyak, tapi kan itu belum tentu dibuang," tulis netizen.

Ditelusuri detikFood, sebenarnya akun @resep_debm baik yang ada di Instagram maupun di TikTok awalnya benar-benar memberikan resep masakan bagi pelaku diet DEBM.

Resep DEBM nyeleneh, mentega dicuci airResep DEBM nyeleneh, mentega dicuci air dikritik netizen karena dinilai mubazir. Foto: TikTok @resep_debm

DEBM sendiri dikenal sebagai metode diet atau yang kepanjangannya adalah Diet Enak Bahagia dan Menyenangkan. Metode diet ini diperuntukkan bagi yang ingin diet tetapi tetap bisa makan enak.

Namun, belakangan ini konsep video yang diunggah lebih mengarah ke entertainment. Misalnya dengan mempraktekkan metode memasak yang 'unfaedah'.

Misalnya memasukkan tepung menggunakan corong merah, sementara wadahnya memiliki mulut besar yang tidak perlu menggunakan corong. Sampai akhirnya mereka mempraktekkan metode mencuci mentega yang dinilai netizen mubazir.

Baca Juga: Resep DEBM Makin Bikin Netizen Emosi, Mentega Dicuci Pakai Air



Simak Video "Bikin Laper: Pedas Nikmat Ayam Geybok Bang Jarwo"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT