5 Makanan Tertua di Dunia, Ada yang Sudah Berumur 14 Ribu Tahun!

ADVERTISEMENT

5 Makanan Tertua di Dunia, Ada yang Sudah Berumur 14 Ribu Tahun!

Atiqa Rana - detikFood
Minggu, 20 Nov 2022 14:00 WIB
5 Makanan Tertua di Dunia, Ada yang Sudah Berumur 14 Ribu Tahun!
Foto: Getty Images/GMVozd
Jakarta -

Tak disangka, makanan yang banyak kita kenal ini sudah ditemukan sejak beribu-ribu tahun lalu. Bahkan ada yang umurnya sudah 14 ribu tahun!

Banyak orang yang mungkin hanya sekadar mengonsumsi makanan tanpa ingin tahu asal muasal hingga umur dari terciptanya hidangan tersebut. Jika ada yang tahu sekalipun, hasil tebakan ini belum tentu tepat.

Karena sebenarnya hidangan-hidangan yang umum dimakan saat ini seperti roti, mie, hingga pancake sudah ada sejak lama. Pada beberapa jenis, bahkan sudah ribuan tahun lamanya.

Jika penasaran dengan umur makanan tertua, berikut penjelasannya yang dirangkum dari ranker.com (28/11).

1. Mie Berumur 4.000 Tahun

5 Makanan Tertua di Dunia, Ada yang Sudah Berumur 14 Ribu Tahun!Hidangan yang digemari oleh banyak orang ini ternyata punya umur lebih dari 4.000 tahun loh. Foto: Getty Images/GMVozd

Mie merupakan hidangan favorit banyak orang. Di beberapa negara di Asia, mie adalah makanan pokok warganya. Mie yang sempurna ditambah dengan beberapa bahan pelengkap akan menghasilkan seni tersendiri. Tampaknya, orang China adalah yang pertama kali membuat mie.

Pasalnya negara ini memegang rekor sebagai lokasi penemuan mie tertua. Dalam sebuah catatan, terungkap bahwa mie berasal dari masa Dinasti Han Timur yang hampir 2.000 tahun lalu. Untuk umurnya sendiri, mie punya umur lebih dari 4.000 tahun.

2. Pancake Dikenal Sejak 5.200 Tahun Lalu

Pancake biasanya dijadikan menu andalan ketika sarapan pagi. Mungkin pancake terlihat sebagai makanan yang punya rasa dan bentuk standar, namun sebenarnya hidangan ini diciptakan dengan sejarah yang cukup rumit.

Awal mula diketahuinya umur pancake ini karena penemuan Otzi si manusia es. Otzi menimbulkan kehebohan setelah ditemukan di Pegunungan Alpen, Italia pada tahun 1991.

Meskipun Otzi sudah hidup kira-kira 5.300 tahun yang lalu, namun tubuhnya masih terpelihara dengan sangat baik. Ia terlihat seperti pejalan kaki yang baru saja meninggal. Bukan seperti seseorang yang sudah meninggal sejak lama.

Ketika meneliti rongga perutnya, para arkeolog menemukan salah satu makanan yang terakhir dimakan. Rupanya makanan itu adalah pancake gandum dan juga daging merah.

Berdasarkan hal tersebut akhirnya banyak orang mengatakan umur pancake sama dengan umur sosok yang disebut manusia es itu.



Simak Video "Sensasi Menjajal Malatang, Makanan Asal China dengan Rempah Melimpah"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT