5 Makanan Kekinian Populer Dijadikan Oleh-oleh di Indonesia

ADVERTISEMENT

5 Makanan Kekinian Populer Dijadikan Oleh-oleh di Indonesia

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 18 Nov 2022 12:00 WIB
5 Makanan Kekinian Populer Dijadikan Oleh-oleh di Indonesia
Foto: Site Shop/Visual
Jakarta -

Oleh-oleh makanan di Indonesia tentunya tak terhitung jumlahnya. Tapi dari sekian banyak oleh-oleh, ada beberapa makanan kekinian yang kini dicari banyak orang.

Budaya orang Indonesia yang sering membawa buah tangan atau oleh-oleh ketika pulang dari satu daerah, atau bertamu ke rumah kerabat, memang sudah ada sejak dulu. Biasanya oleh-oleh yang paling banyak dibawa adalah makanan.

Nah, jenis makanannya tentu beragam, karena setiap daerah memiliki ciri khas oleh-oleh masing-masing. Misalnya seperti pempek yang merupakan oleh-oleh wajib dari Palembang, sampai bakpia yang selalu dibawa orang jika kembali dari Yogyakarta.

Berikut lima makanan khas Indonesia yang paling populer dijadikan oleh-oleh.

Baca Juga: Dekat TPU Menteng Pulo Ada 5 Tempat Makan Enak, Bakso hingga Ayam Penyet" selengkapnya


1. Pia hingga Lapis Legit

Multi-layered cake called Multi-layered cake called "lapis legit" or "spekkoek" from Indonesia, isolated on white background. Foto: Getty Images/iStockphoto/Jennzhen

Bali tengah ramai dikunjungi banyak pemimpin negara untuk mengikuti event KTT G20 yang ke 17. Event ini berlangsung 15-16 November 2022 di Bali. Nah, Bali sendiri merupakan destinasi wisata paling populer di Indonesia. Banyak makanan khas yang dijadikan oleh-oleh di sana.

Seperti Pia Enji yang pertama kali berdiri di tahun 2013. Pie Enji berhasil menggeser pia sebelumnya. Pia Enji yang memiliki tiga varian rasa utama.

Yaitu cokelat, kacang hijau dan keju. Kalau mau yang berbeda, bisa juga coba yang durian dan salted egg. Ciri khasnya kulit Pia Enji tetap renyah, dan ukurannya lebih besar dari bakpia Yogyakarta.

Tak ketinggalan menu oleh-oleh ikonik pie susu. Serta yang masih baru, ada Harum Cake, lapis legit premium yang jadi ikon oleh-oleh terbaru di sana.


2. Bakpia Kukus dan Cokelat

5 Makanan Kekinian Populer Dijadikan Oleh-oleh di Indonesia5 Makanan Kekinian Populer Dijadikan Oleh-oleh di Indonesia Foto: Site Shop/Visual

Selain Bali, Yogyakarta masuk ke dalam daftar destinasi wisata lokal yang banyak dikunjungi di Indonesia. Di kota ini, terkenal dengan makanan yang serba murah.

Salah satu makanan yang wajib dibawa jadi oleh-oleh dari Yogyakarta ada bakpia. Tapi beberapa tahun terakhir, bakpia memiliki versi kekiniannya yaitu bakpia kukus. Versi lebih lembut, dan creamy dari bakpia jadul. Isian bakpia kukus ini mulai dari cokelat sampai matcha tersedia.

Terakhir ada cokelat lokal. Namanya Cokelat Monggo, menjadi cokelat lokal paling populer dari Yogyakarta. Bagi penggemar dark chocolate wajib coba, Cokelat Monggo yang tingkat kepekatannya 58%.

3. Pancake Durian dan Risol

5 Makanan Kekinian Populer Dijadikan Oleh-oleh di Indonesia5 Makanan Kekinian Populer Dijadikan Oleh-oleh di Indonesia Foto: Site Shop/Visual

Beralih ke Medan, kuliner yang ditawarkan lebih beragam. Tapi ternyata di kota Medan, selain Bika Ambon hingga Bolu Meranti, masih banyak oleh-oleh kekinian yang enak. Salah satunya ada pancake durian.

Pancake durian ini menggunakan 100% daging durian Medan tanpa pengawet dan kimia. Serta tanpa pewarna berbahaya. Tak heran pancake durian jadi oleh-oleh yang booming di sana. Salah satu yang paling terkenal ada pancake buatan Ucok Durian.

Selain yang manis-manis. Ada oleh-oleh hits Risol Spesial Gogo. Terdiri dari sayuran dan potongan daging ayam, serta disajikan dengan saus khusus yang enak. Tak heran Risol Gogo kini jadi favorit di Medan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT