Master Chocolatier Indonesia Sajikan Cokelat Artisan yang Unik dan Spesial

ADVERTISEMENT

Master Chocolatier Indonesia Sajikan Cokelat Artisan yang Unik dan Spesial

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 04 Nov 2022 15:00 WIB
Master Chocolatier Indonesia Sajikan Cokelat Artisan yang Unik dan Spesial
Foto: detikcom
Jakarta -

Mendapat penghargaan di Amerika selama 3 tahun berturut-turut cokelat ini kini hadir di Indonesia. Chef Richie mengaku banyak kenangan yang dalam cokelat buatannya.

Cokelat identik sebagai makanan manis yang dicintai banyak orang. Menyajikan cokelat dengan konsep yang unik, chef Richie Pratadaja memperkenalkan cokelat artisan.

Berpengalaman menjadi Master Chocolatier di Amerika Serikat, chef Richie yang sudah kembali ke Indonesia membawa serta cokelat favoritnya. Melalui sebuah restoran yang berada di kawasan Menteng, tempat ini cocok untuk para penggemar cokelat.

Satu per satu cokelat yang disajikan di sini dibuat dengan detail. Bahkan setiap bagiannya dibuat dan dihias langsung oleh tangan chef Richie.

Master Chocolatier Indonesia Sajikan Cokelat Artisan yang Unik dan SpesialMaster Chocolatier Indonesia Sajikan Cokelat Artisan yang Unik dan Spesial Foto: detikcom

Menyambangi Crio (2/11) yang berada di Jalan Teuku Cik Ditiro No.43, Menteng ada etalase penuh cokelat yang menarik perhatiani. Cokelat bonbon, cokelat bar hingga beragam kue-kue yang manis tersaji indah dan bisa langsung dipilih untuk dinikmati.

Bukan hanya sekadar cokelat yang manis, banyak cokelat yang dihidangkan oleh chef Richie di Crio penuh dengan kenangan. Ada yang menjuarai penghargaan hingga cita rasa yang mengingatkan chef Richie saat bekerja keras bersama teman-temannya di Amerika Serikat.

"Kalau yang hazelnut bar itu waktu saya kerja di New York kan setiap tahun ada penghargaan yang semua cokelat dikirim dari seluruh dunia dan judgenya (jurinya) juga dari seluruh dunia. Ada beberapa kriteria, ada bonbon dan cokelat bar. Kebetulan saya suka hazelnut, jadi saya buat lah menu hazelnut bar (kini bernama Crio Bar). Tiga tahun kita ikut kompetisinya dan tiga tahun kita menang terus," kata chef Richie kepada detikcom.

Chef Richie menjelaskan lebih lanjut bahwa penghargaan tersebut didapatkannya mulai dari tahun 2013, 2014 dan 2015. Selain cokelat yang memenangkan penghargaan, ada juga cokelat yang mengingatkan chef Richie dengan momen saat dirinya bekerja keras bersama teman-temannya.

Master Chocolatier Indonesia Sajikan Cokelat Artisan yang Unik dan SpesialTerinpirasi dari rekan kerjanya di Amerika Serikat, bonbon cokelat yang diinfused dengan rhum ini penuh kenangan bagi chef Richie. Foto: detikcom

Cokelat bonbon bernama Choquito terinspirasi dari salah satu minuman yang dibuatkan oleh rekan kerja chef Richie asal Mexico. Mirip seperti eggnog, choquito biasa dinikmati oleh chef Richie dan rekan-rekan setelah menjalani jam kerja yang panjang.

"Kalau lagi musim ramai seperti christmas (Natal) atau momen-momen spesial itu kan biasanya kita kerjanya panjang. Bisa sampai 12 jam, 16 jam atau 18 jam. Setelah dua hari kerja dengan durasi yang melelahkan nanti biasa ada satu teman yang mengeluarkan minumannya dan mengajak minum bersama. Kalau sudah lelah biasanya minum yang ada alkoholnya jadi lebih refreshing (menyegarkan). Maka saya buat menu choquito mengingat (sekarang) sudah dekat dengan Natal," kata chef Richie.

Bonbon choquito memang sengaja diracik oleh chef Richie sebagai sajian spesial menyambut Natal dan tahun baru nanti. Bonbon choquito ini diungkapkan oleh chef Richie terbuat dari bahan-bahan premium yang mengikuti resep asli minuman buatannya rekannya tersebut.

Di dalamnya ada isian kelapa yang sudah dihaluskan dan ditambahkan rum dengan berbagai rempah dan tahitian vanilla. Untuk dekorasi cangkang luarnya, chef Richie memilih warna merah dan hijau agar sesuai dengan tema hari Natal yang spesial.

Jika ingin mencicipi cokelat-cokelat enak buatan chef Richie, kamu bisa langsung menyambangi Crio di kawasan Menteng. Ada lebih dari puluhan jenis cokelat dan kue yang bisa langsung dipilih dengan harga mulai dari Rp 25.000an saja.



Simak Video "Suasana Kafe Bernuansa Piala Dunia di Pinrang"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT