Beraneka Rasa, Tahu Crispy Ini Cocok untuk Jadi Teman Ngemil

Inkana Izatifiqa R Putri - detikFood Selasa, 04 Jan 2022 12:06 WIB
Instagram/manatahu.ces Foto: Instagram/manatahu.ces
Jakarta -

Gorengan memang jadi salah satu camilan favorit masyarakat Indonesia. Saking favoritnya, camilan yang satu ini sangat mudah sekali ditemukan. Tak hanya itu, saat ini juga banyak inovasi gorengan kekinian yang lezat untuk disantap.

Pemilik MANATAHU.CES, Vykhi Rino Arifin menjadi salah seorang pebisnis kuliner yang berkreasi menghadirkan gorengan yang tak biasa. Lewat MANATAHU.CES, konsumen bisa menikmati gurihnya tahu goreng yang dikombinasikan dengan aneka bumbu.

Vykhi mengatakan bisnis gorengan ini bermula sejak dirinya keluar dari salah satu perusahaan swasta. Agar tetap mendapatkan penghasilan, Vykhi akhirnya mencoba berkreasi menjual tahu goreng crispy dengan aneka bumbu yang kemudian di-branding dengan nama MANATAHU.CES.

"Tanggal 4 September 2020 itu tanggal (MANATAHU.CES) baru buka. Sebelumnya, saya bekerja di salah satu perusahaan swasta nasional. Di bulan Juli 2020, ada pengurangan karena pandemi. Sambil berjalan waktu, saya tetap apply lamaran kerja sembari usaha lainnya yakni, jualan bihun, dropship, ojek online," ujarnya kepada detikcom.

"Terus lihat-lihat di medsos, ada salah satu kuliner yang bahannya tahu dan jualan kok rame. Jadinya kita coba berkreasi dari bumbu, rasa, kemasan, dan booth. Dan ini juga belum ada yang jual seperti ini di Kota Balikpapan. Ditambah bahan baku utama, yaitu tahu banyak dan melimpah di sini," imbuhnya.

Selain menghadirkan camilan gorengan yang unik, Vykhi menyebut lewat bisnisnya ini, dirinya juga ingin menjual camilan yang sehat untuk dikonsumsi anak-anak. Ia menjelaskan produk MANATAHU.CES menggunakan bahan berkualitas sehingga aman untuk dikonsumsi anak-anak.

"Kita juga tergerak untuk menyediakan camilan yang sehat buat anak-anak. Biasanya gorengan itu identik dengan tenggorokan gatal, bisa buat batuk, pokoknya gorengan itu jahat. Tapi, kita edukasi pelanggan, bahan yang kita miliki bermutu, mulai dari tahu, minyak, tepung, bumbu aneka rasa, dan lainnya. Jadi, tidak usah takut dan khawatir. Kita tetap jaga kualitas makanan dan patuhi prokes," paparnya.

Soal rasa, MANATAHU.CES memiliki beragam pilihan seperti balado, balado pedas manis, keju asin, ayam bakar, pizza, hingga rumput laut. Adapun untuk satu porsinya dijual seharga Rp 15 ribu.

Dari sekian banyak rasa, balado pedas manis menjadi salah satu varian rasa yang paling digemari pelanggan. Dibungkus dengan packaging yang mudah dibawa, MANATAHU.CES cocok jadi solusi ngemil tanpa perlu ribet.

"Salah satu menu terlaris! Balado pedas manis dengan sensasi rasa yang bikin ketagihan karena rasa pedas dan manis yang bercampur jadi satu," paparnya dalam Instagram @manatahu.ces.

Sementara terkait omzet, Vykhi menyebut dalam satu bulan ada sekitar 40 porsi yang terjual. Sebulannya, ia pun bisa meraih omzet sekitar Rp 1,5 juta.

Untuk mengembangkan bisnisnya, Vykhi bekerja sama dengan beberapa kurir lokal dan mendaftarkan usahanya di platform digital seperti GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood.

"Semua channel online kita kerahkan. Bahkan kita kerja sama dengan beberapa kurir lokal untuk menggenjot penjualan," katanya.

Selain itu, Vykhi juga mengikuti program Kembangkan Bisnis Kulinermu dari detikcom dan Kraft Heinz Food Service untuk mendapatkan ilmu dari berbagai pakar kuliner.

"Acara ini sangat sekali menginspirasi dan bermanfaat, baik itu wawasan, pengetahuan, pengalaman dari narasumber. Banyak hal yang kita dapatkan dari acara tersebut. Satu kata keren. Saya berharap acara seperti ini, tetap dan sering diadakan dan ditambah durasinya," tutupnya.



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com