Mulai Usaha Saat Pandemi, Penjual Rice Box Ini Raup Rp 10 Juta/Bulan

Atta Kharisma - detikFood Senin, 03 Jan 2022 14:10 WIB
Instagram @mamricebox Foto: Instagram @mamricebox
Jakarta -

Menu nasi kotak (rice box) belakangan menjadi salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang. Kemasannya yang praktis, porsi yang pas, serta rasanya yang enak menjadikan hidangan satu ini pilihan favorit banyak kalangan.

Rice box pun cukup simpel untuk dibuat, dan bisa divariasikan dengan aneka lauk, saus, dan side dish untuk membuatnya tampak unik dan menarik. Popularitas dan potensi tersebut lah yang kemudian membuat banyak pelaku usaha tertarik untuk menggeluti bisnis kuliner ini.

Salah satunya adalah adalah Iif Faizatu Syarifah, yang bersama suaminya mendirikan bisnis MAM Rice Box. Ia mengaku usahanya tersebut secara tidak sengaja berdiri lantaran keinginan untuk mencari penghasilan tambahan di tengah kondisi pandemi COVID-19 dan keterbatasan mobilitas yang berlaku.

"Awal berdirinya dari tanggal 13 Juni 2020, secara tidak sengaja karena pandemi di Tangerang Selatan meningkat dan bertepatan dengan bulan puasa, membuat saya dan suami meninggalkan Tangsel untuk segera pulang ke rumah orang tua di Serang, Banten. Ternyata setelah lebaran pandemi terus berlanjut akhirnya kami memutuskan untuk tinggal beberapa lama lagi di Serang, tapi kami kepikiran untuk membuka usaha kuliner agar ada sampingan," ungkapnya kepada detikcom.

Iif pun kemudian memutuskan untuk menggeluti usaha sampingannya secara serius, sehingga pada akhirnya ia dan suami memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan agar bisa fokus mengembangkan usaha.

"Bisnis kuliner tidak bisa dijadikan sampingan dan harus fokus. Akhirnya aku dan suami memutuskan untuk resign dan fokus membangun bisnis ini," akunya.

Dengan menu unggulan seperti nasi ayam/ ikan crispy yang dipadukan dengan berbagai pilihan sambal dan topping, MAM Rice Box sukses menarik perhatian pencinta kuliner di Serang. Iif mengaku dalam sebulan dia bisa menjual 300-600 rice box dan meraup keuntungan hingga Rp 10 juta.

Pandemi COVID-19 pun tidak menghalangi perkembangan usaha yang baru dirintisnya. Lewat platform online dan layanan takeaway, Iif mengatakan pandemi malah membantu usahanya untuk berkembang.

"Alhamdulillah tidak berdampak sama sekali. Justru meningkat untuk bisnis yg usianya masih sangat muda. Kami fokus di take away, online dan delivery secara maximal, mendekatkan diri ke pelanggan," ujarnya.

Kesuksesan MAM Rice Box juga tidak membuat Iif dan suami berhenti untuk berinovasi. Mereka pun mulai mengembangkan menu-menu baru seperti aneka kopi dalgona, hingga mendirikan cabang MAMie Box and Burger untuk para penikmat santapan mi dan burger.

Iif berharap usaha miliknya dapat berkembang tidak hanya di Serang, tapi juga di kota-kota besar. Untuk itu, ia pun berinisiatif mengikuti program 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' yang digelar oleh detikcom bersama dengan Kraft Heinz Food Service.

Lewat program tersebut, Iif mengaku dirinya memperoleh ilmu dan pengetahuan yang bisa dipelajari dan dipraktekkan. Ia berharap ilmu-ilmu baru itu dapat membantunya dalam mengembangkan MAM Rice Box agar semakin lebih besar ke depannya.

"Saya berharap semoga bisnis saya bisa tumbuh besar," pungkasnya.



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com