30 Resep BBQ Party

Resep Bumbu Ayam Bakar yang Gurih dan Manis yang Gampang Diracik

Odilia WS - detikFood
Jumat, 31 Des 2021 09:00 WIB
Resep Bumbu Ayam Bakar
Foto: iStock
Jakarta -

Ayam bakar tak pernah membosankan. Apalagi di malam tahun baru, ayam bakar dinanti banyak orang. Ada 2 resep bumbu ayam bakar yang bisa kamu gunakan.

Tak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan ayam bakar hangat yang dicocol sambal dan dimakan dengan lalapan. Apalagi makan dengan tangan. Terasa nikmat hingga suapan terakhir.

Ada dua jenis bumbu ayam bakar yang bisa kamu pilih untuk menyajikan ayam bakar di malam tahun baru. Bumbu gurih berempah hingga pedas dan bumbu kecap yang manis pedas. Tetapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat membuat ayam bakar.


1. Ayam Segar

Jenis ayam jantan dan ayam negeri cocok dipilih untuk diolah jadi ayam bakar. Jika ayam diungkep sebelum dibakar, sebaiknya pilih ayam jantan besar. Tetapi untuk dibakar langsung lebih cocok ayam negeri yang empuk juicy berlemak dan tak mudah gosong.

Agar lebih praktis dimakan bisa dipilih potongan bagian ayam. Seperti bagian paha saja, bagian dada saja atau sayap saja. Besarnya potongan bisa sesuai selera. Bisa dipotong 4 bagian atau 8 bagian. Jangan terlalu kecil karena ayam akan cepat hangus saat dibakar.


2. Diungkep dan Dibakar Segar

Ada dua pilihan resep ayam bakar. Ada yang dimasak dengan bumbu hingga empuk lalu dibakar. Saat di bakar di atas api arang juga diolesi dengan sisa bumbu ungkep atau sedikit minyak sehingga tidak terlalu kering.

Ada juga ayam bakar dari ayam mentah yang direndam bumbu. Rendaman bumbu membuat ayam lebih terasa lezat sekaligus mencegah ayam cepat kering. Ayam diolesi bumbu sambil diolesi sisa bumbu perendam sehingga makin sedap rasanya.

Resep bumbu ayam bakar gurih dan resep bumbu ayam bakar manis bisa kamu lihat di halaman berikut ini.



Simak Video "Masak Masak: Resep Ayam Bakar Bungkus Daun Pisang"
[Gambas:Video 20detik]