ADVERTISEMENT

Es Semangka India, Belajar dari YouTube Sampai Beromzet Rp 3 Juta Sehari

Yenny Mustika Sari - detikFood
Sabtu, 16 Jul 2022 15:00 WIB
Es Semangka India di Kalibata beromzet Rp 3 juta sehari.
Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Es semangka India menjadi minuman yang tren belakangan ini. Ternyata pelopornya ada di kawasan kuliner samping Kalibata City dengan omzet Rp 3 juta sehari.

Sepanjang area samping Kalibata City banyak ditemui penjual makanan kaki lima dengan jenis beragam. Salah satu minuman yang menarik perhatian adalah Es Semangka India.

Gerai Es Semangka India ini beberapa waktu lalu viral karena penyajiannya yang unik dan harganya murah. Satu gelasdibanderol mulai Rp 5.000 saja.

Baca Juga: Setelah Kerja Kantoran 15 Tahun, Wanita Ini Alih Profesi Jualan Nasi Lemak

Belajar dari YouTube

Es Semangka India di Kalibata beromzet Rp 3 juta sehari.Es Semangka India di Kalibata beromzet Rp 3 juta sehari. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Kepada detikFood (30/6), Syafril sang pemilik gerai Es Semangka India ini menceritakan awalnya membuat usaha kuliner yang unik ini. Ternyata, ia mendapatkan ide berjualan es semangka dari video kuliner Pakistan di YouTube.

"Ide itu pertama kali sih saya lihat video di YouTube. Di Pakistan itu ada es semangka seperti ini. Akhirnya, saya punya ide saya coba terapkan di Indonesia," kata Syafril.

"Alhamdulillah dengan konsep yang saya buat seperti ini, emang agak berbeda konsepnya dengan yang Pakistan. Tapi alhamdulillah masyarakat Indonesia menyukai gitu," lanjutnya.

Meski es semangka awalnya dari Pakistan, namun Syafril memberi nama India. Dikarenakan ia menggemari Shah Rukh Khan, aktor India terkenal.

Es Semangka India ini mulai dirintis oleh Syafril dan istri sejak tahun 2020. Kini sudah memiliki 13 cabang yang tersebar di Jabodetabek.

"Saya di sini (es semangka India) pioneer-nya, pertama kali. Saya merintis ini 2 tahun yang lalu dengan istri," ungkapnya.

Racikan Segar Es Semangka

Es Semangka India di Kalibata beromzet Rp 3 juta sehari.Cara meracik Es Semangka India Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Es semangka racikan Syafril ini sederhana. Meski asalnya dari Pakistan, kreasinya disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Cara membuat es semangka ini juga mudah.

Syafril menjelaskan kalau semangka dicacah kecil, lalu dipindahkan ke baskom jumbo di gerobak. Semangka itu lalu ditambahkan air dan sirup merah homemade buatan Syafril. Tak lupa beberapa blok es batu agar dinginnya merata.

Es Semangka India di Kalibata beromzet Rp 3 juta sehari.Es Semangka India di Kalibata beromzet Rp 3 juta sehari. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Dalam sehari, satu gerai Es Semangka India milik Syafril ini bisa menghabiskan 80-100 kilogram semangka, sekitar 20 buah. "Semangka sehari kalau outlet ini saja bisa 80 sampai 100 kilo," jelas Syafril.

Baca Juga: Gultik Pak Agus Budi : Gultik Murah Legendaris di Pengkolan Blok M Plaza

Informasi seputar Es Semangka India lainnya, baca di halaman selanjutnya...



Simak Video "Es Semangka India Pertama di Indonesia Ada di Kalibata"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT