Bakso Malang Gangsar: Gurih Maknyus! Bakso Malang Urat Rp 16 Ribu!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Jumat, 21 Jan 2022 17:00 WIB
Bakso Malang Gangsar: Gurih Maknyus! Bakso Malang Urat Rp 16 Ribu!
Foto: detikfood

Bakso beranak Rp 35 ribu

Bakso Malang Gangsar: Gurih Maknyus! Bakso Malang Urat Rp 16 Ribu!Bakso Malang Gangsar menawarkan bakso beranak seharga Rp 35 ribu dengan isian lengkap Foto: detikfood

Kalau mau yang lengkap, coba menu favorit di sini yaitu bakso beranak. Ditawarkan seharga Rp 35 ribu, isian bakso ini benar-benar 'beranak'! Ada telur ayam, keju, bakso halus, tetelan, hingga urat.

Penyajiannya juga menarik selera karena ibu Mujiati bakal membelah bakso berukuran jumbo ini menjadi mekar seperti bunga. Lantas terlihatlah seluruh isian bakso beranak.

Yang kami suka, potongan tetelan di sini benar-benar berlimpah dan empuk. Rasanya juga gurih sehingga menambah kenikmatan bakso.

Ditanya soal ide membuat bakso beranak, ibu Mujiati bilang menu ini sudah ada sekitar 3 tahun. Berawal dari inisiatif sang suami yang membuat bakso bentuk gunung.

"Inisiatif (bikin) sendiri pas waktu gunung Merapi meletus kan dibikin bakso gunung Merapi sama bapaknya, tapi kayaknya kurang menarik. Terus dibikin bulet aja, dimekarin kayak bunga," katanya.

Jualan bakso Malang lancar seperti air

Bakso Malang Gangsar: Gurih Maknyus! Bakso Malang Urat Rp 16 Ribu!Nama Gangsar yang disematkan adalah harapan agar usaha bakso Malang milik ibu Mujiati lancar seperti air Foto: detikfood

Selama puluhan tahun berjualan, ibu Mujiati bersyukur tak pernah alami kesulitan berarti. "Lurus saja jalannya," kata dia. Hal ini mungkin karena harapan yang ia sematkan lewat nama 'Gangsar' pada usahanya yang berarti 'lancar seperti air'.

Ibu Mujiati semangat berjualan setiap hari. Ia dibantu suami dan dua anaknya meracik sebagian besar bahan-bahan bakso Malang sendiri. "Proses masaknya di rumah. Tangan keluarga sendiri, nggak ada orang lain," katanya.

Ia mengatakan akan siap-siap di malam hari dengan pergi ke pasar. Kemudian proses menyiapkan bakso Malang sudah sejak pukul 03.30 dini hari.

Ibu Mujiati masih konsisten menggunakan resep keluarga yang diwariskan dari neneknya. "Resep baksonya dari zaman dulu banget. Kurang tahu (bagaimana awal mulanya), dari nenek. Ibu saya malah nggak jualan bakso, menurunnya malah ke saya (cucunya)," pungkas wanita ramah ini.

Bakso Malang Gangsar
Pusat Jajanan Belakang Grand Indonesia dan Plaza Indonesia
Kebon Kacang, Tanah Abang
Jakarta Pusat
Jam buka: 15.30-22.00, khusus malam Minggu sampai 00.00

Ingin tempat makan dan produk Anda direview oleh Detikfood? Kirim email ke foodreview@detik.com



Simak Video "Nikmatnya Bakso Malang Gangsar, Porsi Jumbo dan Ramah Kantong"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)