Sedep Mantep! Sarapan Sego Cawuk Bu Sri Pakai Sambal Belimbing Wuluh

Yenny Mustika Sari - detikFood
Sabtu, 11 Des 2021 07:16 WIB
Sego Cawuk Bu Sri, Sarapan Sego Cawuk Enak yang Sudah Eksis Selama 30 Tahun
Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Sego cawuk atau nasi cawuk jadi sarapan favorit orang Banyuwangi. Kamu bisa jajan Sego Cawuk Bu Sri yang dikengkapi sambal belimbing wuluh.

Kalau sedang berada di Banyuwangi wajib sarapan sego cawuk atau nasi cawuk. Karena hidangan tersebut salah satu menu sarapan favorit orang Banyuwangi.

Sekilas sego cawuk mirip seperti nasi rames atau nasi campur karena menggunakan beragam jenis lauk dan sayuran. Namun, sego cawuk memiliki ciri khas tersendiri dengan adanya sambal belimbing yang rasanya sangat unik.

Salah satu tempat makan sego cawuk favorit di Banyuwangi adalah Sego Cawuk Bu Sri. Warung makan ini bisa disebut salah satu yang legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1991. Warung Sego Cawuk Bu Sri juga terbilang 'ngumpet' karena berada di perumahan warga.

Sego Cawuk Bu Sri, Sarapan Sego Cawuk Enak yang Sudah Eksis Selama 30 TahunSego Cawuk Bu Sri, Sarapan Sego Cawuk Enak yang Sudah Eksis Selama 30 Tahun Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Sego Cawuk Bu Sri ini pada tahun 1991 dikelola oleh Ibu Sri, sang pemilik. Namun, kini dikelola oleh sang anak yaitu Yuni, karena pada tahun 2020 Ibu Sri telah meninggal dunia.

Baca Juga: Pakai Teknik S3 Marketing, Bocah Penjual Permen Ini Viral

Walaupun pemiliknya telah tiada, warung makan Sego Cawuk Bu Sri tetap jadi favorit warga Banyuwangi. Warung makan yang buka sejak 05.30 WIB ini selalu ramai dikunjungi pelanggannya.

Warung makan ini juga favorit dari William W. Wongso, Pakar Kuliner Indonesia. Yuni mengungkapkan hal tersebut kepada detikFood saat kami berkunjung beberapa waktu lalu (25/11).

"Sego cawuk ini tuh favoritnya William Wongso, yang pakar kuliner itu," ungkap Yuni.

Sego Cawuk Bu Sri Jadi Favorit William WongsoSego Cawuk Bu Sri Jadi Favorit William Wongso Foto: dok. Ibu Yuni Sego Cawuk Bu Sri

"Kalau ke Banyuwangi pasti beliau mampir ke sini. Sempat foto juga sama ibu waktu masih ada," lanjutnya seraya menunjukkan foto William Wongso mengunjungi warung Sego Cawuk Bu Sri.

Penasaran dengan sego cawuk yang jadi favorit pakar kuliner Indonesia, tim detikFood langsung memesan satu porsi. Harganya Rp 10.000 sudah menggunakan lauk yang komplet.

Baca Juga: Chocban Jakarta: 'Strudel' Pisang Kekinian dan Donat Sourdough Favorit Seleb

Sego Cawuk Bu Sri, Sarapan Sego Cawuk Enak yang Sudah Eksis Selama 30 TahunSego Cawuk Bu Sri, Sarapan Sego Cawuk Enak yang Sudah Eksis Selama 30 Tahun Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Seporsi sego cawuk terdiri dari terancam (timun dan jagung bakar yang diberikan kuah santan cair dan parutan kelapa), sayur tahu, ikan tuna pepes (bumbu cabe), sambal belimbing yang unik, telur pindang, sambal pecel, daun semanggi, dan kerupuk.

"Seporsinya cuma Rp 10.000 saja, udah komplet. Di sini ciri khasnya pakai sambal belimbing jadi ada rasa segarnya. Ada juga nih daun semanggi yang jarang ada di tempat lain," jelas Yuni.

Sambal belimbing selalu dibuat baru kalau sudah habis. Bahan yang digunakan adalah belimbing wuluh, sereh, cabe rawit merah, gula Jawa, garam, dan terasi.

Sego Cawuk Bu Sri, Sarapan Sego Cawuk Enak yang Sudah Eksis Selama 30 TahunSego Cawuk Bu Sri, Sarapan Sego Cawuk Enak yang Sudah Eksis Selama 30 Tahun Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Rasa dari sambal ini sensasinya seperti rujak bebeg khas Jawa Barat, mungkin karena menggunakan buah belimbing wuluh. Ada rasa pedas, manis, dan asam segarnya.

Karena terdapat banyak lauk yang digunakan pada seporsi sego cawuk, maka rasanya sangat unik. Terdapat banyak rasa dalam satu kali suapan.

Baca Juga: Sego Tempong Mbok Nah: Gurihnya Telur Dadar Krispi dengan Sambal khas Banyuwangi



Simak Video "Sarapan dengan Nasi Cawuk di Banyuwangi, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)