5 Pola Makan untuk Cegah Kolesterol Tinggi Ini Gampang Ditiru

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 30 Okt 2021 07:00 WIB
healthy fresh mixed fruits on white wooden table Foto: Getty Images/iStockphoto/SherSor

2. Jangan Banyak Minum Alkohol

Meski sering dianggap memiliki khasiat kesehatan, nyatanya konsumsi wine dan minuman beralkohol lainnya justru mempunyai efek buruk yang jauh lebih banyak. Banyak sekali ahli gizi, termasuk Poon, yang mengatakan bahwa minuman beralkohol memiliki hubungan kompleks dengan pengaruhnya terhadap kadar kolesterol.

Walaupun dikatakan jika dikonsumsi dalam batas yang wajar bisa memberikan manfaat kesehatan yang baik tetapi sedikit alkohol saja sudah mampu memberikan efek buruk yang juga tak kalah banyak dari efek baiknya. Bahkan batas maksimal yang ditetapkan oleh ahli gizi untuk perempuan ada pada satu gelas dalam sehari dan pada laki-laki dua gelas dalam sehari.

"Konsumsi alkohol sangat memberatkan tubuh dengan berbagai tingkat yang berbeda. Aku merekomendasikan orang-orang untuk mengonsumsinya hanya dalam batas paling aman saja," kata Poon.

makanan olahan tak sehatFoto: iStock

3. Hindari Makanan Olahan

Makanan cepat saji memang terasa sangat nikmat. Rasanya makanan cepat saji menjadi jawaban yang paling tepat saat sedang sangat lapar namun memiliki waktu yang terbatas.

Sayangnya makanan cepat saji seperti ayam goreng atau bahkan donat termasuk ke dalam makanan olahan yang dapat memberikan efek berbahaya untuk tubuh. Dalam makanan cepat saji dan makanan lahan terdapat karbohidrat serta gula tambahan yang sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi.

dr. Josh Axe selaku ahli gizi bahkan menyebutkan dampak buruk dari makanan cepat saji dan makanan olahan. Makanan olahan dapat dengan sangat cepat meningkatkan kadar trigliserida dan meningkatkan kepadatan lipoprotein kolesterol yang membuat kolesterol akan melonjak dengan tajam.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com