5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Ilmiah dan Mudah

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 13 Feb 2021 05:00 WIB
5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Ilmiah dan Mudah Foto: Getty Images/iStockphoto/jarun011
Jakarta -

Tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh dapat membahayakan kesehatan. Berikut ini 5 cara mudah yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol jahat.

Kadar kolesterol tubuh perlu diwaspadai karena bisa membahayakan kesehatan. Kolesterol jahat yang terlalu tinggi, biasanya akan menjadi awal bagi banyak penyakit.

Banyak kasus diabetes juga awalnya diakibatkan oleh kadar kolesterol yang terlalu tinggi. Tingginya kadar kolesterol juga dapat mengganggu kesehatan jantung.

Kolesterol jahat yang terlalu tinggi dalam darah juga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan pada kardiovaskular bahkan hingga kematian. Kamu perlu melakukan beberapa cara yang telah terbukti secara ilmiah ini untuk turunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Berikut ini 5 cara menurunkan kolesterol secara ilmiah dan mudah, menurut Eat This, Not That! (9/2):

1. Kurangi Konsumsi Gula

5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Ilmiah dan Mudah5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Ilmiah dan Mudah Foto: Getty Images/iStockphoto/jarun011

Gula menjadi salah satu bahan makanan yang cukup membahayakan tubuh dan kesehatan jika dikonsumsi terlalu banyak. Bahkan pada jus kemasan yang diklaim sehat sekali pun masih mengandung jumlah gula yang tinggi.

Mengurangi konsumsi fruktosa baik pada makanan dan minuman menjadi cara pertama yang paling mudah yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol. Mengurangi konsumsi gula atau fruktosa juga dapat membantu menurunkan berat badan dan mengendalikan gula darah dengan lebih baik.

Menurut penelitian pada jurnal American Medical Association ditemukan bahwa saat seseorang meningkatkan konsumsi gula mereka, jumlah kadar kolesterol baik akan menurun dan trigliserida akan meningkat. Kondisi seperti ini akan sangat berisiko dan mengancam kesehatan jantung.

Baca Juga: Daftar Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Yuk Kurangi Konsumsinya!

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Memasuki Usia 20-an, Seberapa Sering Harus Cek Kolesterol?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com