Daftar Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Yuk Kurangi Konsumsinya!

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 12 Jan 2021 06:00 WIB
Daftar Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi Foto: Getty Images/iStockphoto/nalinratphi
Jakarta -

Kadar kolesterol sangat erat kaitannya dengan asupan makanan. Kenali daftar makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan kurangi konsumsinya.

Gaya hidup dan pola makan punya pengaruh besar pada kesehatan seseorang. Kolesterol buruk yang ada di dalam darah sangat erat kaitannya dengan asupan makanan yang diterima oleh tubuh.

Menjaga keseimbangan kadar kolesterol juga diperlukan demi tubuh yang sehat. Peningkatan kolesterol buruk dapat menyebabkan obesitas dan penyakit jantung.

Kolesterol buruk yang terlalu tinggi dalam darah akan memberikan efek yang buruk bagi tubuh. Kolesterol buruk dapat menjadi penyebab munculnya penyakit-penyakit bawaan serta gangguan kesehatan lainnya.

Menariknya, kolesterol sering dianggap sebagai komponen paling berbahaya yang berasal dari makanan berlemak dan berminyak yang berdampak pada kesehatan secara keseluruhan. Tetapi, mengutip dari Times of India (4/1), sebuah penelitian membuktikan bahwa ada beberapa alasan yang mengarah pada kolesterol tinggi dan makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

Kolesterol berupa zat lilin, berlemak dan lengket yang ditemukan dalam tubuh. Sumbernya berasal dari beberapa makanan dengan bahan dasar hewani seperti daging, telur dan produk susu. Kolesterol dalam tubuh manusia memainkan peran penting untuk produksi vitamin D, hormon dan empedu yang membantu pencernaan lemak yang diperoleh dari makanan.

Daftar Makanan yang Mengandung Kolesterol TinggiDaftar Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi Foto: Getty Images/iStockphoto/nalinratphi

Kolesterol tidak tercampur baik dengan cairan dalam tubuh seperti darah. Ini adalah alasan mengapa kolesterol diangkut ke seluruh tubuh dalam bentuk lipoprotein.

LDL sering disebut sebagai kolesterol buruk, karena dikaitkan dengan penyebab penumpukan plak di arteri yang dapat menyebabkan penyumbatan. Sedangkan, HDL dikenal sebagai kolesterol baik yang membantu membuang kolesterol berlebih dari dalam tubuh.

Makanan ternyata hanya menghasilkan 25% kolesterol di dalam tubuh dan 75% sisanya diproduksi oleh hati. Faktanya, konsumsi kolesterol berlebih dikompensasi oleh tubuh dengan mengurangi jumlah kolesterol yang dibuat secara alami.

Ketika tubuh mengalami kekurangan kolesterol yang didapat dari makanan, tubuh akan meningkatkan produksi kolesterol untuk memastikan bahwa selalu ada cukup zat vital ini untuk menjaga keseimbangan yang sehat. Menurut penelitian, konsumsi makanan yang kaya kolesterol baik juga dapat secara efektif mengelola kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Mengendalikan Kadar Kolesterol Lewat Makanan

Makanan seperti telur, sarden, kerang dan makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 lainnya juga dapat membantu dalam mengurangi risiko kolesterol tinggi.

Berikut ini daftar makanan yang mengandung kolesterol tinggi:

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com