3 Cara Mudah Mengendalikan Kadar Kolesterol Lewat Makanan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 03 Jan 2021 06:00 WIB
3 Cara Mudah Mengendalikan Kadar Kolesterol Lewat Makanan Foto: Getty Images/iStockphoto/anilakkus

1. Menghindari Makanan Cepat Saji

"Untuk mengurangi jumlah kolesterol LDL lewat pola makan, pertama-tama harus mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans," kata Save.

Memangkas konsumsi lemak jenuh bisa dilakukan dengan cara mengurangi makanan cepat saji, makanan manis atau mengganti penggunaan bahan makanan yang tinggi lemak. Lemak jenuh dan lemak trans biasanya terdapat pada kue kering, pastry, mentega, krim, makanan cepat saji, es krim, dan berbagai makanan sejenis.

2. Lebih banyak bergerak

3 Cara Mudah Mengendalikan Kadar Kolesterol Lewat Makanan3 Cara Mudah Mengendalikan Kadar Kolesterol Lewat Makanan Foto: Getty Images/iStockphoto/anilakkus

Saat tubuh bergerak, lemak akan terbakar karena adanya aktivitas tubuh. Lemak yang terbakar ini termasuk di dalamnya lemak tak jenuh berlebih yang masuk melalui makanan.

Sedikit berolahraga bisa sangat membantu. Berolahraga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah dan mengurangi kolesterol buruk. Cukup 30 - 60 menit dalam sehari sudah cukup untuk membantu mengurangi kadar kolesterol buruk dalam darah.

3. Konsumsi Buah, Sayur, dan Makanan Rendah Garam

"Makan buah-buahan dan sayuran sama baiknya dengan mengonsumsi minyak ikan yang membantu meningkatkan HDL dan menjaga jumlah kadar kolesterol masih pada batas aman," kata Save.

Selain itu, memilih makanan segar dibanding makanan olahan akan jauh lebih baik untuk mengendalikan kolesterol dalam tubuh. Sebisa mungkin pilih makanan berbahan nabati dan rendah garam.

Baca Juga: 7 Makanan Penurun Kolesterol Ini Bisa Dikonsumsi Tiap Hari

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com