7 Makanan Penurun Kolesterol Ini Bisa Dikonsumsi Tiap Hari

Odilia WS - detikFood Selasa, 30 Jun 2020 08:00 WIB
makanan kolesterol Foto: iStock
Jakarta -

Kadar kolesterol darah yang tinggi membuat risiko penyakit jantung meningkat. Makanan penurun kolesterol yang enak ini bisa dikonsumsi tiap hari.

Kolesterol merupakan lemak dalam darah yang membantu fungsi membran sel berfungsi optimal. Tubuh kita memproduksi kolesterol yang dibutuhkan tubuh. Karena itu sebenarnya tak perlu mengonsumsi berlebihan. Kolesterol darah tinggi memicu penyakit jantung.

Makanan yang mampu kendalikan kolesterol sebaiknya dikonsumsi tiap hari. Dengan cara memasukkan dalam menu harian. Gaya hidup, selera dan kegiatan berbeda membuat tiap orang punya kadar kolesterol berbeda.

Kolesterol jahat atau Low-density lipoprotein (LDL) berkaitan dengan risiko tinggi akan penyakit jantung. Sementara itu kolesterol baik atau High-density lipoprotein (HDL) harus cukup jumlahnya agar tubuh tetap sehat.

Jumlah kolesterol disebut tinggi jika mencapai angka 130 mg/dL sampai 190 mg/dL. Sedangkan untuk kategori baik berkisar 100 mg/dL hingga 129 mg/dL. Ada baiknya setiap hari masukkan salah satu makanan penurun kolesterol ini dalam menu harian. Lebih baik lagi jika diimbangi dengan olahraga dan gaya hidup sehat.



1. Alpukat

Alpukat sejak lama mendapat predikat 'superfood'. Selain rasanya creamy segar, alpukat kata akan lemak tak jenuh tunggal dan serat. Dua nutrisi ini mampu membantu turunkan kolesterol jahat dan menaikkan kadar kolesterol baik.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada orang yang kelebihan berat badan dan kolesterol tinggi didapati mereka yang makan alpukat tiap hari memiliki kadar kolesterol jahat lebih rendah. Dibandingkan yang tidak mengonsumsinya.

Alpukat sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan segar. Dihaluskan sebagai olesan sandwich. Dipotong dan diiris sebagai isian sandwich atau salad. Atau dibuat smoothies dengan yogurt. Hindari konsumsi alpukat dengan tambahan gula, susu kental manis atau susu full cream atau pemanis lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Konsumsi Buah hingga Ikan Segar, Kunci Asupan Sehat di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]