Kolesterol Tinggi? 7 Makanan Enak Ini Bantu Turunkan Kolesterol

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 11 Sep 2021 06:00 WIB
strawberry termahal Foto: Instagram / Hong Kong Free Pass / Thinkstock
Jakarta -

Kadar kolesterol yang tak terkendali sangat berbahaya bagi kesehatan. Tujuh makanan ini direkomendasikan ahli kesehatan untuk dikonsumsi guna bantu turunkan kolesterol dalam tubuh.

Konsumsi makanan yang tinggi lemak dan kalori sangat berpengaruh dengan peningkatan kadar kolesterol di dalam tubuh. Makanan yang tak cukup sehat menjadi ancaman bagi kesehatan tubuh melalui lonjakan kolesterol yang bisa dihasilkan.

Kolesterol yang ada di dalam tubuh sebenarnya terdiri dari kolesterol baik (HDL) dan kolesterol buruk (LDL). Kolesterol buruk ini menjadi jenis kolesterol yang sangat mudah dipicu lonjakannya melalui konsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan berkalori.

Kadar kolesterol buruk yang terlalu tinggi begitu mengancam kesehatan terutama untuk kardiovaskular dan jantung yang merupakan organ vital manusia untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Para ahli selalu mengingatkan untuk rutin mengonsumsi makanan tinggi serat agar lonjakan kolesterol dapat terhindar dan membantu melancarkan pencernaan supaya sisa makanan tidak menumpuk di dalam tubuh dan membahayakan kesehatan.

Berikut ini 7 makanan untuk bantu turunkan kolesterol menurut Harvard Health (13/8):

Kesalahan Makan Oatmeal yang Bikin Berat Badan NaikFoto: Getty Images/iStockphoto/Foxys_forest_manufacture

1. Oatmeal

Oatmeal menjadi menu sarapan sederhana yang begitu disarankan karena mengandung serat larut yang cukup tinggi dan sangat baik untuk tubuh. Konsumsi oatmeal di pagi hari diakui sangat baik untuk melancarkan pencernaan melalui seratnya serta mencegah lonjakan kolesterol buruk di dalam tubuh.

Semangkuk oatmeal yang dikonsumsi di pagi hari dapat mengasup 1-2 gram serat larut dan jika ditambahkan dengan buah-buahan seperti pisang atau strawberry, kandungan seratnya bisa bertambah hingga 0.5 gram. Saat ini ahli nutrisi menyarankan untuk memenuhi serat harian sebanyak 20 hingga 35 gram dengan 5 sampai 10 gram diantaranya merupakan serat larut.

2. Biji-bijian

Biji-bijian seperti kacang polong memiliki serat larut yang sangat kaya di dalamnya. Biji-bijian jenis ini juga memiliki waktu yang cenderung lama untuk dicerna sehingga dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Para ahli menyarankan untuk menambahkan satu sendok makan biji-bijian ke dalam makanan untuk memenuhi kebutuhan serat larut harian yang harus dipenuhi. Biji-bijian ini juga bisa didapatkan dengan beragam jenis yang mudah dipadukan dengan makanan lain seperti kacang polong, kacang merah, hingga lentil.

Baca juga: Ini Cara Diet Rendah Kolesterol dan Menu Lengkapnya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com