Ini Cara Diet Rendah Kolesterol dan Menu Lengkapnya

Tim Detikfood - detikFood Senin, 06 Sep 2021 05:00 WIB
kolesterol Foto: shutterstock
Jakarta -

Kolesterol jadi salah satu faktor risiko penyakit jantung dan stroke. Pola makan sehat bisa membantu mengontrol kolesterol. Berikut cara diet rendah kolesterol.

Pada dasarnya, ada dua jenis kolesterol darah. Pertama adalah low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat yang dikenal sebagai biang kerok berbagai masalah kardiovaskular. Lemak yang menumpuk membentuk plak dan menyumbat aliran pembuluh darah.

Kedua adalah high density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. HDL berperan mengendalikan kadar LDL.

Orang dengan kadar kolesterol tinggi perlu benar-benar memperhatikan pola makannya. Penderita kolesterol tinggi harus mempertimbangkan menu diet tertentu. Sejumlah makanan dan minuman dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol secara alami.

Cara Diet Rendah Kolesterol

Mengontrol kadar kolesterol dalam darah dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular yang mengancam. Berikut beberapa cara diet rendah kolesterol yang perlu kamu perhatikan, menukil Mayo Clinic dan Healthline.

1. Tambah asupan serat larut

Serat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Serat larut banyak ditemukan pada makanan seperti oatmeal, kacang merah, kubis, apel, dan pir.

2. Kurangi asupan lemak trans dan jenuh

Lemak trans umum ditemukan pada margarin dan kue-kue kering kemasan. Lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol secara keseluruhan.

Sementara lemak jenuh, banyak ditemukan pada daging merah, juga dapat meningkatkan kolesterol total.

3. Tambah asupan asam lemak omega-3

Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat menjaga kesehatan jantung, termasuk di antaranya menurunkan tekanan darah. Kamu bisa mendapatkan asam lemak omega-3 dari salmon, makarel, dan kacang kenari.

4. Tambah asupan buah dan sayuran

Konsumsi buah dan sayur adalah cara mudah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Keduanya mengandung antioksidan tinggi yang mampu mencegah oksidasi LDL dan penumpukan plak di arteri.

5. Masak dengan bumbu herba dan rempah

Penelitian menunjukkan, bawang putih, kunyit, dan jahe sangat efektif untuk menurunkan kolesterol jika dikonsumsi secara teratur. Herba dan rempah juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah LDL teroksidasi dan mengurangi pembentukan plak.

5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Ilmiah dan MudahIni Cara Diet Rendah Kolesterol dan Menu Lengkapnya Foto: Getty Images/iStockphoto/jarun011

Menu Diet untuk Penderita Kolesterol

Orang dengan kolesterol tinggi memiliki risiko akan penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke. Untuk itu, orang dengan kolesterol tinggi perlu memperhatikan asupan makanannya.

Mengutip Healthline, beberapa makanan dan minuman dipercaya dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan memberikan manfaat kesehatan jantung.

Berikut menu diet untuk penderita kolesterol.

1. Alpukat

Alpukat disebut sebagai buah tinggi serat dan nutrisi, khususnya asam lemak tak jenuh tunggal, yang mampu menekan kolesterol jahat.

2. Sayuran kaya serat

Sayuran kaya serat, rendah kalori, dan kaya antioksidan bisa menjadi pilihan. Kandungan tersebut tak hanya baik bagi jantung, tapi juga bagi kesehatan secara menyeluruh.

Dari banyak sayur dan buah, kamu bisa mencoba mengonsumsi terong, wortel, kentang, apel, anggur, jeruk, dan stroberi yang diklaim efektif menurunkan kolesterol jahat.

Menu diet apa saja yang baik dikonsumsi penderita kolesterol tinggi? Lihat daftarnya di halaman berikut ini.



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Santan Dipanaskan Berulang"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com