6 Makanan yang Mengandung Vitamin D dan Kalsium untuk Dongkrak Imunitas

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 29 Jul 2021 05:00 WIB
brokoli Foto: Thinkstock
Jakarta -

Imunitas menjadi hal utama yang harus dijaga saat pandemi. Berikut ini enam makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium untuk tingkatkan imunitas.

Vitamin D dan kalsium selama ini dikenal sebagai 'pasangan' nutrisi yang konsumsinya bagus untuk menyehatkan tulang. Selain itu, ternyata vitamin D dan kalsium memiliki peran masing-masing untuk mendongkrak imunitas.

Dikutip dari Alodokter (28/7), sebuah studi menunjukkan orang dengan kadar vitamin D rendah memiliki peluang 7,2 persen lebih tinggi untuk terinfeksi virus Corona. Karenanya para ahli menyarankan untuk mencukupi kebutuhan vitamin D agar terhindar dari virus berbahaya ini.

Sementara itu, peranan kalsium untuk imunitas adalah menjaga keseimbangan sistem kekebalan tubuh. Hal ini disampaikan peneliti di NYU Langone, Amerika Serikat.

Saat ini suplemen vitamin D dan kalsium ini banyak dijual dengan harga yang begitu tinggi akibat permintaan pasar yang melonjak selama pandemi Covid-19. Sebenarnya kedua nutrisi ini bisa didapatkan secara alami melalui bahan makanan yang lebih murah dibandingkan dengan harga suplemen yang semakin meningkat.

Berikut ini 6 makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium untuk meningkatkan imunitas, menurut Times of India:

raw salmon filletFoto: Getty Images/iStockphoto/margouillatphotos

1. Salmon dan tuna

Beberapa jenis ikan memiliki lemak baik yaitu asam lemak omega 3, vitamin D, kalsium serta nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan fungsinya.

Jenis ikan seperti salmon dan tuna bahkan dikatakan memiliki kandungan vitamin D dan kalsium yang dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh. Menurut para ahli, mengonsumsi ikan salmon atau tuna secara rutin membantu memenuhi kebutuhan vitamin D untuk mengaktifkan sel-sel imunitas dan memperkuat perlindungan tubuh.

2. Susu

Susu sudah sejak lama dikenal sebagai bahan makanan yang paling dibutuhkan untuk tulang terutama pada masa pertumbuhan. Susu dan olahan lainnya seperti keju memiliki fungsi untuk memadatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk tulang.

Konsumsi susu sapi ternyata bukan hanya baik untuk pertumbuhan tulang, melainkan juga memenuhi kebutuhan vitamin D dan kalsium yang dibutuhkan untuk pembentukan imunitas. Susu segar tanpa bahan tambahan lainnya begitu disarankan untuk dikonsumsi secara rutin terutama di pagi hari.

Baca juga: Vitamin D Penting untukCovid-19, Ini 5 Makanan yang Mengandung Vitamin D

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Legit Bubur Kampiun Khas Minang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com